Legenda Film New Wave Prancis, Anna Karina, Tutup Usia

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 12:35 WIB
Legenda Film New Wave Prancis, Anna Karina, Tutup Usia Bintang legendaris film New Wave Prancis, Anna Karina, meninggal dunia di usia 79 tahun pada akhir pekan lalu. (Stringer/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang legendaris film New Wave Prancis, Anna Karina, meninggal dunia di usia 79 tahun pada akhir pekan lalu.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester, melalui akun Twitter resminya.

"Parasnya merupakan wajah New Wave dan akan terus seperti itu. Anna Karina memancarkan karisma. Ia menghipnotis seluruh dunia. Perfilman Prancis kehilangan salah satu legendanya," tulis Riester.




Sejumlah media Prancis yang dikutip AP melaporkan bahwa Karina mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (14/12) setelah berjuang melawan kanker.

Nama Karina melambung setelah membintangi sejumlah film arahan kekasihnya, Jean-Luc Godard, sutradara yang disebut-sebut sebagai pionir film New Wave di Prancis pada medio 1960-an.

Secara keseluruhan, Karina membintangi enam film Godard, salah satunya bertajuk "Une Femme est Une Femme" atau "A Woman is a Woman", di mana ia memerankan seorang femme fatale.

Berkat perannya dalam film itu, Karina diganjar penghargaan aktris terbaik pada ajang Berlin Film Festival.

Katalog film Karina bersama Godard juga mencakup "Vivre Sa Vie" (Live Your Live, 1962) dan "Pierrot Le Fou" (1965).

Sepanjang kariernya, Karina juga bekerja sama dengan sejumlah sutradara lainnya, seperti Jacques Rivette dalam film "La Religieuse" (The Nun, 1966).

Karina lantas mengambil langkah besar dengan bergerak di balik layar dalam film garapannya, "Vivre Ensemble" (Living Together, 1973).

Sebelum meniti karier di dunia film Prancis, aktris kelahiran Denmark dengan nama Hanne Karin Blark Bayer sempat menjadi model dan menyanyi di kabaret.

Ia kemudian dilaporkan bertemu dengan Coco Chanel yang menyarankan agar Karina mengganti nama. Setelah itu, Karina baru bersua dengan Godard. (has/has)