Netflix Garap Serial soal Awal Mula Spotify

CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 03:53 WIB
Netflix Garap Serial soal Awal Mula Spotify Ilustrasi. (StockSnap/Freestocks.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netflix akan menggarap serial terbatas yang mengangkat kisah di balik pembangunan layanan streaming musik asal Swedia, Spotify.

Produser eksekutif serial ini, Berna Levin, mengatakan bahwa proyek tersebut digarap berdasarkan buku bertajuk "Spotify Untold" karya jurnalis Swedia, Sven Carlsson dan Jonas Leijonhufvud.

Intinya, serial belum berjudul ini akan mengangkat kisah perjuangan seorang pelaku wirausaha teknologi Swedia, Daniel Ek, dan rekannya, Martin Lorentzon, hingga merilis Spotify pada 2006.


Saat itu, pembajakan musik secara daring sedang marak sampai-sampai sejumlah pihak menganggap bisnis musik akan mati. Spotify pun dianggap sebagai revolusi yang dapat mengubah bisnis rekaman musik.

"Ini merupakan cerita bagaimana sekelompok kecil orang dalam industri teknologi Swedia melakukan transformasi msuik, bagaimana cara mendengarkannya dan membuatnya. Benar-benar dongeng generasi kita," ujar Levin seperti dikutip The Hollywood Reporter.

Melanjutkan pernyataannya, Levin berkata, "Tak hanya kisah bagaiman hidup kita berubah dalam satu dekade belakangan, serial ini juga tentang perjuangan pengaruh kultur dan finansial di dunia global dan digital."

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Spotify sendiri baru saja mengungkap musisi dan lagu terbesar dalam kurun waktu satu dekade belakangan, di mana Drake dan Ed Sheeran menjadi artis paling banyak didengarkan sepanjang era 2010-an.

Menyusul di bawahnya sederet musisi yang menempati posisi lima besar, yaitu Post Malone, Ariana Grande, dan Eminem.

Lagu "Shape of You" milik Sheeran menduduki posisi puncak dengan jumlah dengar mencapai 2,4 miliar, mendepak "One Dance" dari Drake yang didengarkan 1,7 miliar kali. (has/has)