Pihak Oscar Sebut 344 Film Layak Bersaing untuk Film Terbaik

CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 17:37 WIB
Pihak penyelenggara ajang Academy Awards atau Oscar menyatakan bahwa ada 344 film yang lolos persyaratan dan layak bersaing di kategori utama, Film Terbaik. Pihak penyelenggara ajang Academy Awards atau Oscar menyatakan bahwa ada 344 film yang lolos persyaratan dan layak bersaing di kategori utama, Film Terbaik. (AFP Photo/Robyn Beck)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak penyelenggara ajang Academy Awards atau Piala Oscar menyatakan bahwa ada 344 film yang lolos persyaratan dan layak bersaing di kategori utama, Film Terbaik.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) melalui pengumuman di situs resminya menyatakan bahwa ratusan film itu sudah lolos persyaratan dan kemudian akan disortir menjadi nominasi.

Berdasarkan peraturan AMPAS, film yang dipertimbangkan harus sudah tayang minimal tujuh hari di bioskop di Los Angeles County hingga 31 Desember.


Satu film panjang juga harus memiliki durasi lebih dari 40 menit dan ditayangkan di bioskop menggunakan film 35mm atau 70mm, atau dalam format digital yang memenuhi syarat.

Daftar film yang memenuhi syarat mencakup ragam genre dan bujet produksi, dari blockbuster studio seperti "Joker", "Captain Marvel", dan "Jumanji: The Next Level" hingga film indie, seperti "The Farewell", "The Last Black Man in San Francisco" serta "Parasite".

Dari ranah layanan streaming seperti Netflix, ada "The Irishman", "Marriage Story", "The Two Popes", dan "Dolemite Is My Name" hingga garapan Michael Bay, "6 Undergrond" yang juga memenuhi syarat.

Demikian juga film orisinal Amazon, "The Aeronauts", "Seberg", "Honey Boy". Film-film tersebut memenuhi syarat karena telah dirilis di bioskop sebelum tersedia di layanan streaming.

[Gambas:Video CNN]

Daftar ini pun termasuk yang dijagokan seperti "1917", "Knives Out", "Rocketman", "Bombshell", "Harriet", "Little Women", "Ford v Ferrari", dan "Jojo Rabbit", serta "Star Wars: Rise of Skywalker dan Cats".

Nantinya, daftar ini akan diseleksi para juri Academy dan kemudian diumumkan lewat kategori nominasi pada 13 Januari 2020. Pengumuman pemenang sendiri akan digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California. (agn/has)