Sutradara dan Aktor Parasite Raih Penghargaan Kebudayaan

CNN Indonesia | Jumat, 20/12/2019 08:39 WIB
Sutradara dan Aktor Parasite Raih Penghargaan Kebudayaan Bong Joon-ho dan aktor Song Kang-ho dianugerahi penghargaan kebudayaan nasional karena berkontribusi mempromosikan industri film Korea melalui
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Bong Joon-ho dan aktor Song Kang-ho dianugerahi penghargaan kebudayaan nasional karena berkontribusi mempromosikan industri film Korea melalui "Parasite".

Melalui sebuah pernyataan, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata mengumumkan bahwa mereka memberikan penghargaan tertinggi kedua dalam budaya Korsel Eungwan Order of Cultural Merit, kepada Bong.

"Sutradara Bong berkontribusi meninggikan tingkat perfilman Korea di dunia internasional berkat filmnya yang diakui secara kritis dan sukses secara komersial," demikian pernyataan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata yang dikutip Yonhap.


Sementara itu, Song Kang-ho diberikan medali Okgwan, penghargaan tertinggi keempat. Medali tersebut diserahkan lewat upacara yang diselenggarakan di Teater Nasional Korea Selatan.

Film yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat lewat kehidupan dua keluarga ini meraih banyak penghargaan, salah satunya Palme d'Or dalam Cannes Film Festival 2019.

Parasite merupakan film Korea pertama yang berhasil meraih hadiah tertinggi dalam kompetisi sinematik terkenal di dunia.

Parasite juga menjadi satu-satunya film asal Asia yang masuk daftar pendek Best Foreign Language Film Oscar 2020. Film itu akan bertarung dengan sembilan film yang sebagian besar dari Eropa, seperti Les Miserables (Prancis) dan Beanpole (Rusia).

Parasite juga masuk daftar pendek lagu orisinal lewat A Glass of Soju yang ditulis Bong Joon-ho. Lagu itu akan bertarung dengan Speechless (Aladdin), Into The Unknown (Frozen II) dan Spirit (The Lion King).

[Gambas:Video CNN]

Namun, Parasite bukan satu-satunya film karya Bong Joon-ho yang diapresiasi pemerintah Korea. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata juga mengapresiasi film Barking Dogs Never Bite, Memories of Murder, The Host, Mother, serta Snowpiercer.

Sementara itu, pemerintah Korea juga mengapresiasi peran Song Kang-ho dalam beberapa film lainnya yang sebagian besar juga karya Bong Joon-ho, seperti The Host dan Snowpiercer.

Akting Song Kang-ho dalam The Attorney dan A Taxi Driver juga dinilai mempromosikan perfilman Korea Selatan kepada dunia. (chri/has)