New York Bakal Bangun Museum Hip Hop Pertama di Dunia

tim, CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 21:09 WIB
New York Bakal Bangun Museum Hip Hop Pertama di Dunia Ilustrasi museum hip hop. (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Negara bagian New York menerima modal US$3,5 juta untuk pembangunan museum hip hop pertama di dunia, demikian diumumkan oleh Gubernur Andrew Cuomo pada Kamis (18/12).

Universal Hip Hop Museum yang dijadwalkan dibuka untuk umum di selatan Bronx pada 2023 mendatang, diprediksi akan menelan biaya US$80 juta atau setara Rp1,1 triliun. Kawasan Borough, yang juga dikenal sebagai 'Boogie Down' Bronx, kerap dianggap sebagai lokasi kelahiran musik hip hop.

Dilaporkan oleh The New York Post, museum disebut telah bekerja sama dengan Microsoft dan Massachusetts Institute of Technology, juga rapper Nas dan LL Cool J.


Wacana museum ini bukanlah yang pertama kali diumumkan. Rencana yang sama sudah diumumkan pertama kali pada tahun 2006, sementara produser, disc jockey, dan rapper Afrika Bambaataa pernah membicarakan hal serupa pada 2012, serta ada sebuah museum di Manhattan yang dijadwalkan dibuka pada 2018.

Namun dengan pemberian dana jutaan dolar seperti yang disebut di atas itu menambah keyakinan tersendiri, bahwa museum yang diidamkan akan tiba tak lama lagi.

Direktur museum, Rocky Bucano berharap museum yang direncanakan dibuka tepat di tengah kawasan Bronx Point itu dapat mendatangkan turis dan menambah pendapatan di Bronx dan New York.
Museum Hip Hop Bakal Dibuka di Bronx pada 2023Hip hop dan New York bagai sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Kini, New York akan membangun museum hip hop pertama di dunia. (Pixabay/jorgejimenez)
"Museum ini adalah bagian dari kebangkitan Bronx. Bronx akan kembali. Museum ini tentang masyarakat dan untuk masyarakat," kata Bucano dengan percaya diri, mengutip NME.

Universal Hip Hop Museum akan menempati lokasi seluas 50 ribu kaki persegi di Bronx Point, sebuah proyek premuahan dan ritel yang didirikan di utara jembatan 145th Street di sepanjang Sungai Harlem di Bronx.

Sementara, peletakan batu pertama pembangunan dijadwalkan pada musim panas mendatang.

[Gambas:Video CNN] (rea)