Kartunis Jim Davis Lelang Komik Strip Garfield dari 1978-2011

CNN Indonesia | Selasa, 24/12/2019 08:38 WIB
Kartunis Jim Davis Lelang Komik Strip Garfield dari 1978-2011 Kartunis Jim Davis melelang lebih dari 11 ribu komik strip Garfield yang ia gambar dengan tangan sendiri sejak 1978 hingga 2011. (AP Photo/LM Otero)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kartunis Jim Davis melelang lebih dari 11 ribu komik strip Garfield yang ia gambar dengan tangan sendiri sejak 1978 hingga 2011.

Davis mengatakan bahwa ia memutuskan untuk melelang karya-karyanya tersebut agar lebih banyak orang yang dapat menikmati Garfield.

"Ada begitu banyak, dan itu adalah tugas yang menakutkan untuk memikirkan apa yang harus dilakukan dengan [komik strip] itu sehingga bisa berada di luar sana, di mana orang-orang juga menikmatinya," kata Davis.


Keseluruhan karya dilelang melalui Heritage Auctions yang berbasis di Dallas. Mereka sudah mulai menawarkan komik strip Davis sejak Agustus lalu.

Rumah lelang itu setidaknya menjual dua komik strip harian karya Davis, setiap minggunya. Sementara itu, komik strip akhir pekan ditawarkan selama lelang skala besar sepanjang tahun.

Pihak Heritage Auctions menyatakan komik strip harian saat ini rata-rata dijual dari sekitar US$500 (Rp6,9 juta) hingga US$700 (Rp9,7 juta), dan strip Minggu [akhir pekan] yang lebih panjang dijual dengan harga US$1.500 (Rp20,9 juta) hingga US$3 ribu (41,8 juta).

Mengutip AP, komik strip yang dilelang merupakan edisi Garfield produksi sejak 1978 hingga 2011, setelah ia mengubah media menggambar ke digital.

Saat ini, dia mengaku masih menggambar dengan tangan, tapi di atas sebuah tablet, bukan di atas kertas dengan pensil, pena, dan kuas seperti dulu kala.

Selama ini, ia memberikan beberapa komik strip miliknya kepada keluarga, teman, dan staf, sementara yang lain dipajang di museum, termasuk Smithsonian Institution.

Ia telah mencoba menjualnya di situs resminya selama beberapa tahun. Namun, dia masih menyimpan sebagian besar karyanya dalam lemari besi tahan api.

[Gambas:Video CNN]

Pelelangan ini, kata Davis, menjadi kesempatan untuk memungkinkan lebih banyak penggemar memiliki akses komik strip juga, bukan hanya kolektor.

Namun, kolektor komik Nagib Baltagi mengaku telah membeli sekitar 20 strip sejauh ini dan berencana untuk menawar lebih banyak.

Pria berusia 36 tahun itu mengatakan pelelangan "Garfield" sangat menggembirakan karena sewaktu kecil dia suka menonton kartun dan membaca buku-bukunya. (agn/has)