Penulis Lagu Tema Serial Friends Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/12/2019 09:05 WIB
Penulis Lagu Tema Serial Friends Meninggal Dunia Allee Willis, penulis lagu tema serial ikonik Friends, meninggal dunia di usia 72 tahun. (NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penulis lagu Allee Willis dikabarkan meninggal dunia pada 24 Desember 2019 waktu setempat. Willis berusia 72 tahun. Pasangan Willis, Pasangannya, Prudence Fenton mengumumkan kehilangan itu lewat Instagram. Penyebab kematian disebut adalah serangan jantung tiba-tiba.

[Gambas:Instagram]

Allee Willis terutama dikenal sebagai penulis lagu tema atau soundtrack serial ikonik Friends, I'll Be There For You. Melansir CNN, ia juga berkontribusi dalam penulisan lagu September dan Boogie Wonderland yang dibawakan oleh Earth, Wind & Fire.


Selain itu, ia terlibat pula dalam penulisan karya musikal Broadway bertajuk The Color Purple. Pada 2018, Willis telah meninggalkan jejak di Songwriters Hall of Fame.

Terlahir dengan nama Alta Sherral Willis, di sepanjang karier ia mendapatkan dua dari tiga kali nominasi Grammy Awards, yakni untuk Best Soundtrack Album Background Score from a Motion Picture or Television dalam film Beverly Hills Cop pada 1986 dan Best Musical Theatre Album untuk The Color Purple pada 2016.

Secara pribadi, Willis menganggap September sebagai titik balik karier. Saat itu, menurutnya, dia sedang benar-benar berjuang jadi penulis lagu di Los Angeles. Ia mencoba menulis beberapa bait dan berusaha mendapatkan yang terbaik, sampai Maurice White dari Earth, Wind & Fire menelepon, memintanya menulis lagu.

"Itu adalah momen paling sureal dalam hidup saya," kata Willis, mengutip NPR.

"Ketika saya membuka pintu, mereka [Earth, Wind & Fire] baru saja menulis intro September. Saya berpikir, 'ya Tuhan, biarkan lagu ini yang mereka inginkan untuk saya tulis!', karena jelas itu lagu paling gembira di muka bumi," ujarnya lagi, 2014 silam.

Doa itu sungguh terwujud. Pada April 2019, Willis mengungkapkan dirinya masih menyimpan berkas-berkas lagu September.

"Saya mendapatkan pelajaran menulis lagu terbaik darinya [Maurice White], yang tidak pernah membiarkan lirik mengacaukan irama ketukan," kata Willis.
Sementara, untuk karya I'll Be There For You yang kerap dianggap sebagai lagu tema tersukses sepanjang masa, Willis secara bercanda mengatakan lagu itu sebagai 'yang paling berkulit putih' di antara karya-karyanya yang berbau Motown.

Para selebriti Hollywood pun menuliskan duka dan kehilangan atas kepergian Allee Willis, seperti Bryan Adams yang pernah bekerja sama dalam salah satu album.

"Beristirahat dalam tenang, @AlleeWillis yang bersamanya saya menulis lagu Wait and See di album pertama saya pada 1980. Sangat menyenangkan nongkrong bersamamu, Allee tersayang," tulisnya.



Aktris Bette Midler berkata, "Allee Willis, yang memiliki banyak hit bersama banyak artis luar biasa, Earth, Wind & Fire, The Pointer Sisters, dan yang menulis musik score untuk hit Broadway The Color Purple telah meninggal."



Grup RnB veteran The Pointer Sister merasakan duka cita serupa. "Pembuat lagu hit Allee Willis telah meninggal dunia. Duka cita untuk teman, keluarga, dan penggemar. Kami bersyukur dan menghargai karya dan kepribadiannya yang meriah, menyenangkan, dan artistik."

(rea)