Kaleidoskop 2019

Serial Terbaik 2019 versi CNNIndonesia.com

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 13:30 WIB
Redaksi Hiburan CNNIndonesia.com menurunkan daftar serial terfavorit di sepanjang 2019. Kingdom merupakan salah satu pilihan serial terbaik 2019 dari redaksi Hiburan CNNIndonesia.com. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serial film yang tayang di televisi mendapat perhatian lebih di sepanjang 2019. Persaingan semakin ketat dengan kehadiran platform digital Netflix yang memberi pengaruh signifikan, seiring saluran-saluran lama seperti HBO yang menolak kalah begitu saja.

Secara umum, tayangan serial tentu memiliki variasi tema lebih luas. Hollywood dan Korea menduduki pilihan teratas redaksi Hiburan CNNIndonesia.com, dengan genre favorit sci-fi dan drama. Namun sekali lagi, sci-fi dan drama yang ditawarkan tidak hanya sebatas khayalan maupun cerita kehidupan sehari-hari.

Redaksi Hiburan CNNIndonesia.com memiliki sejumlah serial yang dinanti penayangannya. Dipilih dari berbagai saluran film, selera redaksi yang beragam merefleksikan banyaknya pilihan serial di layar kaca hari ini.

Serial Terbaik 2019 menurut Endro Priherdityo:



'Sex Education' (Netflix)

Serial Sex Education mengemas masalah pubertas dan pengetahuan soal seksualitas yang dialami oleh remaja, menertawakan mitos seks yang dulu dipahami setiap ABG dengan segala kompleksitas asmara melalui cara yang menarik.

Serial Terbaik 2019 versi CNNIndonesia.com [EMB]Serial 'Kingdom' (dok. Netflix)

Serial Terbaik 2019 menurut Renata Angelica:

'Unbelievable' (Netflix)

Bukan serial populer, mini seri ini diangkat dari kisah nyata berupa artikel pada 2015 silam. Ceritanya terfokus pada pengakuan para korban pemerkosaan di Washington dan Colorado, yang tidak dipercaya oleh pihak kepolisian dan membuat bingung orang-orang terdekat.

Terdiri dari delapan episode, Unbelievable memiliki akhir kisah cenderung datar, namun serial ini akan memicu pemikiran dari beberapa sudut pandang berbeda, bahwa tak segala hal mutlak hitam dan putih di dunia ini.

'When They See Us' (Netflix)

Diproduksi pada tahun 2019, When They See Us diceritakan dengan latar tahun 1989 di New York. Adaptasi cerita nyata yang mamncing emosi, bingung, dan gusar pada saat bersamaan, mini seri ini meraih 11 nominasi di Primetime Emmy Awards ke-71.

Yang paling mengejutkan dari When They See Us adalah pemikiran bahwa kebenaran seperti itu sungguh terjadi di kehidupan nyata, bahwa rasisme bukan sekadar wacana di buku pelajaran sekolah, dan bukan cuma bagian sejarah. Para aktor muda di sini seperti Jharrel Jerome pun tampil mengesankan, menghempas gelombang empati yang pahit ketika ia menjalani hari-hari di balik bui.

Serial 'Barry'.Serial 'Barry'. (dok. HBO)

Serial Terbaik 2019 menurut Hanna Azarya Samosir:

'Barry' (HBO)

Musim kedua menjawab pertanyaan banyak pihak mengenai kemampuan tim produksi mengalahkan kesempurnaan debut Barry.

Bak ditampar, saya masih dibuat terperangah dengan kelihaian Bill Hader memaksa penonton terbahak meski mata terbelalak melihat adegan keji dan menegangkan.

'Peaky Blinders' (BBC)

Awalnya, sempat ragu dengan kelanjutan manuver penulis naskah setelah mengakhiri musim sebelumnya dengan kemenangan besar Tommy Shelby. Namun, ternyata mereka dapat menghadirkan tantangan besar bagi Tommy, membuat musim selanjutnya begitu patut dinanti.

Masih hadir membawa pesona penggabungan adegan keji dengan musik alternatif nan sunyi, saya tak sungkan memasukkan musim kelima ini ke dalam jajaran serial terbaik tahun ini, by order of the Peaky Blinders.

'Mindhunter' (Netflix)

Memasuki musim kedua, Mindhunter terus menyuguhkan eksplorasi menarik sisi kejiwaan para pembunuh berantai terkenal dengan balutan sinematografi yang apik. Dengan isu Apartheid yang diungkit di musim ini, perluasan konflik di putaran Mindhunter selanjutnya menjadi layak untuk dinanti.

Serial 'Vagabond'.Serial 'Vagabond'. (Dok. Celltrion Entertainment via hancinema.net)

Serial Terbaik 2019 menurut Agniya Khoiri:

'The Society' (Netflix)

The Society menjadi salah satu serial menarik yang disuguhkan Netflix, tentang bagaimana potret kehidupan anak-anak SMA yang terisolasi di lingkungan mereka sendiri, tanpa orangtua, keluarga, ataupun tokoh masyarakat. Mereka berusaha mencari jalan keluar serta bertahan hidup dengan sumber daya kehidupan yang serba terbatas, membangun hukum dan aturan sendiri.

Serial Terbaik 2019 menurut menurut Christie Stefanie:


'Kingdom' (Netflix)

Kingdom menjadi serial terbaik yang disajikan Netflix pada awal 2019. Serial yang bisa diselesaikan dalam satu hari ini mampu mempertahankan ketegangan sejak awal hingga akhir. Singkatnya, Kingdom merupakan perpaduan sempurna dari Game of Thrones serta The Walking Dead.

'Vagabond' (Netflix)

Serial bertema misteri politik ini mampu membuat betah menyaksikan tiap episode. Penonton bahkan bisa ikut kelelahan melihat aksi laga dari Lee Seung-gi. Vagabond juga menarik perhatian sejumlah rekan yang sebelumnya 'menutup mata' terhadap serial Korea.

'Stranger Things 3' (Netflix)

Stranger Things 3 menjadi musim terbaik serial orisinal Netflix. Pada musim terbaru, Stranger Things menawarkan paket komplet mulai dari permasalahan internal dan eksternal dari tiap pemain utama, sinematografi yang ciamik, romansa dan humor yang lebih banyak dibandingkan dua musim sebelumnya.

Serial 'Watchmen'.Serial 'Watchmen'. (dok. HBO)

Serial Terbaik 2019 menurut M Andika Putra:

'The Boys' (Amazon)

Serial yang mengisahkan pahlawan super ini layak jadi yang terbaik karena paling berbeda dari serial serupa. Dalam The Boys, pahlawan sudah menjadi komoditas monetisasi oleh perusahaan.

Pahlawan super dalam serial ini bahkan melakukan penyalahgunaan kekuasaan, menghalalkan segala cara demi keuntungan sendiri. The Boys ibarat antitesis terhadap serial pahlawan super kebanyakan.

'Watchmen' (HBO)

Serial yang diproduksi HBO ini terfokus pada pahlawan super yang justru tidak banyak mengisahkan super itu sendiri. Serial lebih banyak bercerita tentang isu rasial, di mana kulit hitam masih menerima penindasan dari kulit putih.

Isu yang diangkat dalam serial ini amat sesuai dengan kehidupan nyata. Tidak bisa dipungkiri, pada zaman modern seperti sekarang masih banyak kelompok-kelompok yang memandang sebelah mata terhadap kulit hitam.

Menariknya, dalam serial juga ada pembahasan tentang Ku Klux Klan atau KKK, yakni kelompok yang berisikan warga kulit putih yang menyerang dan menghabisi kaum berkulit hitam.
(rea)