Kaleidoskop 2019

Kontroversi dan Kabar Duka Idol Korea Sepanjang 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 17:29 WIB
Sepanjang 2019, industri hiburan Korea Selatan diwarnai berbagai kabar, mulai dari kencan, berpisah, kasus hukum, hingga kabar duka. Sulli ditemukan meninggal di rumahnya pada 14 Oktober. (Cindy Ord/Getty Images for Tory Burch/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang 2019, industri hiburan Korea Selatan diwarnai berbagai kabar, mulai dari kencan, berpisah, kasus hukum, hingga kabar duka. Berikut sejumlah kejadian mengagetkan yang datang dari dunia hiburan Korea sepanjang 2019:

1. Idol Berpacaran

Pada awal tahun, Jennie BLACKPINK dan Kai EXO sempat ramai dikabarkan berkencan. Kabar tersebut kemudian dikonfirmasi langsung oleh SM Entertainment dan YG Entertainment selaku agensi.


Namun, pasangan idol ini kemudian berpisah pada 25 Januari karena ingin fokus mengembangkan karier.

Selain itu, Jihyo TWICE dan Kang Daniel juga jadi pembicaraan. Hubungan spesial mereka terekspos pada 5 Agustus dan kemudian dikonfirmasi JYP Entertainment dan KONNECT Entertainment.

Kontroversi dan Kabar Duka Idol Korea Sepanjang 2019Skandal Burning Sun bisa dibilang menggemparkan dunia hiburan Korea pada 2019.  (AP Photo/Ahn Young-joon)

2. Skandal Burning Sun

Skandal Burning Sun bisa dibilang menggemparkan dunia hiburan Korea pada 2019. Permasalahan ini pertama kali terkuak pada 28 Januari ketika MBC Newsdesk melaporkan dugaan penyerangan pada salah satu pengunjung Burning Sun, sebuah klub malam yang populer di Gangnam.

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, Burning Sun ternyata juga terlibat dalam penyelundupan narkotika, korupsi serta suap polisi dan prostitusi.

Kasus ini menyeret sejumlah nama besar, salah satunya ialah Seungri BIGBANG yang diduga terlibat perkara prostitusi.

Dalam perkembangannya, kasus ini juga menyeret sejumlah idol atas dugaan pemerkosaan berat dan penyebaran video porno, mulai dari Choi Jong-hoon FT. ISLAND, Roy Kim, Eddy Kim, Lee Jong-hyun CNBLUE dam Junhyung HIGHLIGHT.

Jung Joon-young dituntut tujuh tahun penjara atas dakwaan menyebarkan rekaman yang diambil secara ilegal dan pemerkosaan. Sementara itu, Choi Jong-hoon dituntut lima tahun penjara atas dakwaan pemerkosaan.


3. Perceraian Artis

Dunia hiburan Korea Selatan dan penggemarnya digemparkan dengan gugatan cerai aktor Song Joong-ki atas Song Hye-kyo pada 27 Juni 2019. Agensi mereka mengonfirmasi perceraian yang disebut akibat perbedaan sifat.

Pasangan yang kerap disapa Song-Song Couple ini akhirnya resmi bercerai pada 22 Juli 2019.

Beberapa bulan setelah itu, dunia drama Korea kembali dihebohkan dengan kabar perceraian serta dugaan perselingkuhan dalam rumah tangga Ku Hye-sun dan Ahn Jae-hyun. Kabar tersebut sempat heboh karena Ku Hye-sun banyak membeberkannya ke media sosial.

4. Keluar dari Grup

Beberapa idol memilih keluar dari grup sepanjang 2019, salah satunya adalah B.I atau Hanbin iKON. Keputusan itu diambil usai Dispatch memberitakan mantan member iKON tersebut mencoba membeli narkotika.

Tak lama setelah itu, CEO YG Entertainment Yang Hyun-suk juga mundur dari posisinya akibat sejumlah kontroversi, salah satunya adalah perantara penyedia prostitusi bagi investor asing.

Daftar ini diperpanjang lewat keputusan Kangin yang memilih hengkang dari Super Junior. Dalam keterangan resmi, hal itu dilakukan karena tak mau menjadi beban bagi grup.

Selain itu, Wonho memperpanjang daftar idol yang keluar grup pada 2019. Wonho memutuskan keluar dari MONSTA X akibat pemberitaan masa lalu seperti peminjaman uang hingga penggunaan marijuana.

Kabar kurang mengenakkan juga datang dari JYP Entertainment. Woojin Stray Kids memilih hengkang dari grup karena permasalahan pribadi.

Kontroversi dan Kabar Duka Idol Korea Sepanjang 2019Anggota termuda BTS, Jeon Jungkook harus berhadapan dengan hukum pasca tabrakan mobil 31 Oktober 2019. (Steve Ferdman/Getty Images for Elvis Duran/AFP)
5. Kecelakaan

Anggota termuda BTS, Jeon Jungkook harus berhadapan dengan hukum pasca tabrakan mobil 31 Oktober 2019. Ia diduga melanggar Undang-Undang Kasus Khusus Mengenai Penyelesaian Kecelakaan Lalu Lintas.

Big Hit Entertainment selaku agensi menyatakan Jung-kook mengaku lalai dan melanggar aturan lalu lintas. Mereka juga menyatakan permasalahan tersebut telah diselesaikan baik-baik dengan korban.

Namun, polisi ternyata tetap menjerat Jung-kook dengan dugaan pelanggaran dua Undang-Undang. Sumber kepolisian mengatakan kesepakatan damai dengan korban tak berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan.

6. Meninggal Dunia

Kabar duka meliputi dunia hiburan Korea Selatan karena beberapa artis meninggal dunia tahun ini. Bermula dari Sulli yang ditemukan meninggal di rumahnya pada 14 Oktober. Polisi mengonfirmasi Sulli meninggal karena bunuh diri.

Hanya berselang sekitar satu bulan, Goo Hara yang merupakan sahabat Sulli juga ditemukan meninggal dunia. Tubuhnya pertama kali ditemukan asistennya setelah gagal menghubungi Goo Hara. Polisi mengonfirmasi mantan personel KARA ini meninggal karena bunuh diri.

Aktor pendatang baru Cha In-ha juga ditemukan meninggal dunia pada 3 Desember. Tidak diketahui penyebab kematian aktor berumur 27 tahun tersebut. Sebelum meninggal, Cha In-ha sedang aktif syuting drama "Love with Flaws".

7. Skandal Manipulasi Suara

Pada Oktober 2019, polisi mengonfirmasi manipulasi perhitungan suara dalam acara pencarian bakat Produce X 101. Dalam penyelidikan lebih lanjut, polisi menemukan manipulasi tersebut sudah dilakukan di sepanjang musim Produce yang menghasilkan IOI, WANNA ONE, IZ*ONE dan X1.

[Gambas:Video CNN] (chri/end)