Brian Cox, dari Panggung Teater ke Golden Globe di Usia ke-73

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 10:12 WIB
Aktor Brian Cox meraih piala Golden Globe pertama dalam hidupnya di usia 73 tahun berkat peran di serial HBO Succession. Aktor Brian Cox meraih piala Golden Globe pertama dalam hidupnya di usia 73 tahun berkat peran di serial HBO Succession. (Paul Drinkwater/NBC via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Brian Cox meraih piala Golden Globe pertama dalam hidupnya di usia 73 tahun berkat peran di serial HBO Succession.

Ia memenangkan kategori Best Performance by an Actor in a Television Series - Drama dengan mengalahkan aksi Billy Porter di serial Pose, Rami Malek di serial Mr. Robot, Tobias Menzies di serial The Crown dan Kit Harington di Game of Thrones.

Sejak berkarier pada 1965, Cox pertama kali mendapatkan nominasi Golden Globes pada 2000, dan baru mendapatkan nominasi kembali pada tahun ini.


Aktor asal Skotlandia ini memulai karier keaktoran sejak usia belia dengan bergabung di London Academy of Music and Dramatic Art dari usia 17-19 tahun.

Dia kemudian meninggalkan kelas drama ini pada 1965 dan bergabung di Lyceum Company di Royal Lyceum Theatre Edinburgh pada 1966.

Dia kemudian menandai peran pertamanya dengan bermain di Peer Grynt (1967) dan sebagai Orlando di As You Like It, di mana turut menjadi debut dia di London dalam penampilan di Vaundeville Theatre.

Namun, sebelum itu, Cox telah membuat peran di layar kaca dengan bermain di sebuah episode tayangan The Wednesday Play pada 1965.

Sebuah rumor berulang mengatakan bahwa Cox membuat penampilan yang tidak tercatat sebagai kameo dalam beberapa episode The Prisoner. Namun itu telah dibantah oleh sang aktor dalam sebuah wawancara dengan Bullz-Eye.com.

[Gambas:Youtube]

Pada 1978, ia sempat memerankan Raja Henry II dari Inggris dalam serial drama terkenal The Devil's Crown, yang kemudian membintangi banyak drama televisi lainnya. Penampilan film pertama Cox yakni sebagai Leon Trotsky di Nicholas and Alexandra pada 1971.

Cox juga merupakan aktor Shakespeare yang sukses. Dia menghabiskan musim dengan Royal Shakespeare Company dan the National Theatre pada 1980-an dan 1990-an.

Karyanya dengan RSC termasuk kinerja yang diakui secara kritis sebagai karakter judul dalam Titus Andronicus, serta bermain Petruchio di The Taming of The Shrew.

Cox kemudian mengatakan bahwa penampilannya di Titus Andronicus adalah "pertunjukan panggung terhebat yang pernah saya berikan."

Berkat karya itu dia berhasi mengantongi penghargaan Actor of the Year in a Revival di Olivier Award pada 1988.

Sepanjang karier, Cox telah membintangi 96 judul film, 35 judul serial TV, 14 film TV, serta sebagai pengisi suara enam judul video games. Dia pun telah memenangkan enam piala dari 19 nominasi berbagai penghargaan termasuk Aktor Pendukung Terbaik di Emmy Awards 2000.

Kini, Cox akhirnya menandai capaian besar lain dalam kariernya dengan memenangkan piala Golden Globes pertama.

"Pertama-tama saya tidak menyangka akan memenangkan ini," kata Cox yang kemudian meminta maaf kepada nomine lainnya, Kit Harington - 'Game of Thrones', Rami Malek - 'Mr. Robot', Tobias Menzies - 'The Crown', dan Billy Porter - 'Pose'. (agn/end)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK