Jiwa Awkwafina 'Terbang' Jelang Terima Piala Golden Globe

tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 14:30 WIB
Awkwafina menceritakan pengalaman saat namanya diumumkan sebagai pemenang di Golden Globe Awards 2020. Menurutnya, saat itu jiwanya bagai 'terlepas' dari tubuh. Awkwafina merasa jiwanya 'terbang' ketika diumumkan keluar sebagai pemenang Golden Globe Awards 2020. (Foto: FREDERIC J. BROWN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Awkwafina menyatakan tak pernah menyangka bisa memenangkan piala Golden Globe. Ia terpilih menjadi Aktris Terbaik kategori film musikal atau komedi dalam Golden Globe Awards 2020 berkat The Farewell.

"Ini benar-benar gila. Seperti sebagian tubuhmu terlepas, terbang dan bisa melihat dirimu sendiri dari atas. Kemudian melihat sekelilingmu memberikan selamat kepadamu," cerita Awkwafina dalam wawancara khusus kepada Entertainment Tonight.

Awkwafina mengatakan tidak pernah terpikir akan meraih piala tersebut, terutama ketika mengetahui para pesaingnya adalah aktris ternama seperti Beanie Feldstein, Emma Thompson, Cate Blanchett dan Ana de Armas.
Namun, piala emas tersebut akhirnya diserahkan kepada Awkwafina berkat aktingnya dalam The Farewell, film tentang keluarga yang memutuskan kembali ke China untuk berpisah dengan nenek yang mengidap penyakit dan diprediksi berusia pendek.


Piala tersebut juga menjadi bukti sejarah baru karena Awkwafina menjadi keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan tersebut di sepanjang catatan penyelenggaraan Golden Globe.

"Ini sangat berarti. Ketika membuat The Farewell kami tidak pernah terpikir, saya juga tidak pernah berpikir (menang). Saya bahkan tidak tahu apakah bisa bermain [film] drama," tutur aktris kelahiran 2 Juni 1988 tersebut.

Jiwa Awkwafina 'Terbang' Jelang Terima Piala Golden GlobeAwkwafina dalam perannya sebagai Billi Wang dalam The Farewell. (dok. Big Beach Films via imdb)
Namun, ia yakin untuk bergabung setelah melihat cerita yang disiapkan sutradara Lulu Wang. Menurutnya, kisah The Farewell luar biasa.

"Saya kira ceritanya berhubungan dengan cinta dan kehilangan. Kita semua memiliki kakek nenek kan. Saya kira hal itu menunjukkan cerita ini, walau datang dari mana, dekat atau jauh, kita tetap bisa merasakan hubungan dengan film ini," ucap Awkwafina.

Sebelum The Farewell, Awkwafina dikenal lebih dulu lewat film Neighbors 2: Sorority Rising, Ocean's 8, serta Crazy Rich Asians.

Dalam ajang Golden Globe Awards 2020, salah satu rekan Awkwafina dalam Ocean's 8, Sandra Bullock, turut memberikan selamat dan bersorak atas kemenangannya.

"Melihat Sandy (Sandra Bullock) malam ini sangat spesial. Waktu di Ocean's 8 saya masih sangat baru dan memiliki banyak kekhawatiran. Tapi Sandy membantu saya. Itu sangat berarti bagi saya," katanya. (chri/rea)