Kemendikbud Tak Ikut Campur soal Telkomsel Blokir Netflix

CNN Indonesia | Kamis, 09/01/2020 18:20 WIB
Kemendikbud Tak Ikut Campur soal Telkomsel Blokir Netflix Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, mengatakan bahwa kementeriannya tidak bisa ikut campur karena mereka tak mengurus ranah bisnis. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak ikut campur masalah pemblokiran Netflix oleh Telkomsel meski Nadiem Makarim sedang menjalin kerja sama dengan perusahaan layanan streaming tersebut.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, mengatakan bahwa kementeriannya tidak bisa ikut campur karena mereka tak mengurus ranah bisnis.

"Kami enggak masuk wilayah bisnis. Itu kan wilayah bisnis. Jadi negosiasi business to government dengan terkait regulasi apa mereka bisa beroperasi, urusan pajak segala macem, it's a different story," kata Hilmar Farid di Jakarta, Kamis (9/1).


Hilmar kemudian berkata, "Kami produksi konten diputar di Neflix. Apakah itu bisa ditonton apa enggak karena peraturan segala macem, ya urusan bisnis. Kami gak nyeberang ke ranah Kominfo."
Masalah pemblokiran ini juga sebenarnya sudah menjadi perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. Ia pun meminta PT Telkom Indonesia (Persero) dan Netflix duduk bersama untuk menyelesaikan masalah pemblokiran tersebut.

Grup Telkom, yaitu Indihome, Wifi.id, dan Telkomsel memblokir akses Netflix di jaringan mereka sejak Januari 2016. Salah satu alasan pemblokiran itu adalah karena layanan video on demand tersebut membebani jaringan mereka.

Di lain kesempatan, Telkom berkilah pemblokiran dilakukan lantaran konten Netflix dinilai belum memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. Menurut mereka, Netflix masih banyak memuat konten kekerasan dan berbau pornografi.

[Gambas:Video CNN]

Telkom sebenarnya sempat berniat membuka pemblokiran terhadap Netflix sehingga bisa diakses melalui internet grup dan anak perusahaan Telkom. Namun, sampai saat ini Telkom masih memblokir Netflix.

Head of Communications Netflix Asia Tenggara, Leigh Wong, sendiri belum mau terbuka terkait pemblokiran layanan film streaming oleh Grup Telkom Indonesia. Wong hanya menyebut pihaknya terus bernegosiasi dengan Telkom.

"Kami terus melakukan negosiasi dengan Telkom. Jika sudah ada kabar terbaru, kami akan bagikan," katanya kepada awak media di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1).

Netflix mengonfirmasi bisnis menjadi latar dari permasalahan perusahaanya dengan Telkom, seperti yang pernah diungkap Johnny G. Plate beberapa waktu lalu. (adp/has)