Ratu Sempat Minta Harry-Meghan Markle Tak Umumkan Mundur

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 11:08 WIB
Ratu Sempat Minta Harry-Meghan Markle Tak Umumkan Mundur Ratu Elizabeth II sempat meminta Harry-Meghan Markle tak mengumumkan mundur dari Kerajaan Inggris, namun tak digubris. (Steve Parsons / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengumuman Harry-Meghan Markle mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris disebut sempat ditentang oleh Ratu Elizabeth II. Namun Harry kemudian memilih menentang neneknya itu dan tetap mengumumkannya Kamis (9/1).

Tindakan Harry itu pun kemudian disebut seorang sumber kepada ET menyebabkan banyak amarah di antara anggota keluarga Kerajaan kepada pria 38 tahun tersebut dan Meghan Markle.

Meski begitu, kata sumber, para saudara Harry di anggota keluarga Kerajaan Inggris kini tetap membantu pasangan tersebut melewati masa transisi meskipun tetap kecewa atas keputusan Harry-Meghan.


Sebelumnya seorang sumber lain mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II amat kecewa atas keputusan Harry-Meghan Markle yang mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

"Ratu amat kecewa dengan keputusan itu, meski ia sendiri sadar akan kegelisahan dari Harry-Meghan beberapa bulan terakhir dan amat peduli dengan kebahagiaan juga kesejahteraan mereka," kata sumber tersebut.

"Banyak anggota keluarga yang amat kecewa dengan mereka. Sebagian menilai keputusan mundur itu amatlah egois," lanjutnya.

Ratu Elizabeth II sendiri sudah mengeluarkan pernyataan resmi tak lama setelah keputusan Harry-Meghan Markle mundur sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris diunggah ke publik.

"Diskusi dengan Duke dan Duchess Sussex berada di tahap amat awal," tulis pernyataan Ratu. "Kami mengerti keinginan mereka melalui pendekatan yang berbeda, namun ini merupakan masalah yang rumit yang butuh waktu untuk menyelesaikannya,"

Sebelumnya Harry-Meghan Markle memutuskan mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris melalui sebuah pernyataan di media sosial mereka.

"Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini," tulis mereka dalam pengumuman di media sosial, Kamis (9/1).

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," kata mereka.

[Gambas:Video CNN]

Atas keputusan tersebut, menurut aturan kerajaan Inggris yang didapat dari berbagai sumber, Harry dan Meghan hanya mundur sebagai anggota "senior" kerajaan. Mereka tetap menjadi bagian keluarga monarki tersebut dan bisa tetap mengabdi serta bekerja untuk kerajaan.

Selain itu, kebutuhan dan kelangsungan hidup Harry, Meghan, dan anak mereka, Archie, juga sepenuhnya tidak akan lagi ditanggung oleh Sovereign Grant (tunjangan kerajaan). Dana tahunan negara itu dikumpulkan demi membiayai kebutuhan anggota kerajaan.

Selama menjadi anggota senior Kerajaan, Harry dan Meghan juga tidak diperkenankan bekerja dan mencari uang sendiri. Namun, dengan mengundurkan diri, Harry-Meghan Markle bisa mencari pemasukan sendiri sehingga bisa mandiri secara finansial. (end)