Patung Lilin Meghan dan Harry di Museum Tussauds Dipindah

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 15:01 WIB
Patung Lilin Meghan dan Harry di Museum Tussauds Dipindah Patung lilin Harry dan Meghan Markle dipindahkan dari set keluarga Kerajaan Inggris di Museum Madame Tussauds. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Patung lilin Harry dan Meghan Markle di Museum Madame Tussauds di London dipindahkan. Hal itu dilakukan seiring keputusan mundur Harry dan Meghan dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris yang diumumkan secara terbuka pada Kamis (9/1).

Manajer museum Steve Davies mengaku pihaknya tak kalah kaget saat mengetahui keputusan tersebut.

"Seperti juga penduduk dunia lain kami pun mempunyai reaksi atas kabar mengejutkan tentang Duke dan Duchess of Susex yang mundur sebagai anggota senior keluarga Kerajaan," katanya dalam sebuah pernyataan resmi, melansir CNN.


Ia melanjutkan, "Mulai hari ini, patung Meghan dan Harry tak lagi bakal ada di set Keluarga Kerajaan kami. Sebagai dua patung kami yang paling populer dan dicintai, mereka akan tetap diingat sebagai bagian penting Madame Tussauds London sembari kami menunggu langkah mereka selanjutnya."

Tadinya, patung Harry dan Meghan berada satu set dengan Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, Pangeran Charles dan istri Camilla, serta Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.

Pemindahan itu disebut pihak museum dilakukan sambil memantau 'peran progresif baru Keluarga Kerajaan'. Tak hanya di London, hal serupa diterapkan di Museum Madame Tussauds di New York.

"Merefleksikan pengumuman [mundur] tersebut, kami akan memindahkan patung tokoh-tokoh populer ke area lain di Madame Tussauds New York," kata perwakilan museum Brittany Williams.

Williams menegaskan, pihaknya juga akan menunggu langkah selanjutnya yang diambil Kerajaan, atau dari pasangan Harry dan Meghan.
Patung Lilin Meghan dan Harry Dipindah dari Keluarga KerajaanMeghan, Harry, dan anak mereka Archie. Meghan dan Harry baru-baru ini mengumumkan keputusan mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. (Dominic Lipinski/Pool via AP)
Patung Meghan dihadirkan bersama di Madame Tussauds London dan New York pertama kali pada 2018, bertepatan dengan pernikahan Harry dan Meghan di bulan Mei. Masing-masing patung dilaporkan menelan biaya pembuatan sebesar US$195 ribu atau sekitar Rp2,6 miliar.

Harry dan Meghan mengejutkan dunia usai memastikan diri mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris di pertengahan pekan ini. Mereka menyebut ingin mandiri secara finansial, dan akan tetap mendukung kebijakan Ratu Elizabeth II.

Bersama anak mereka Archie yang berusia 8 bulan, Harry dan Meghan berjanji akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika. Mereka bakal terus melaksanakan tugas untuk Ratu Elizabeth II dan petugas kerajaan.

[Gambas:Video CNN]

Keputusan itu berbuntut panjang. Tak hanya mengundang reaksi publik, Harry dan Meghan dilaporkan juga mengecewakan Ratu Elizabeth II yang sempat meminta mereka tak mengumumkannya secara terbuka, permintaan yang ternyata tak diindahkan.

"Ratu amat kecewa dengan keputusan itu, meski ia sendiri sadar akan kegelisahan dari Harry-Meghan beberapa bulan terakhir dan amat peduli dengan kebahagiaan juga kesejahteraan mereka," kata sumber tersebut.

"Banyak anggota keluarga yang amat kecewa dengan mereka. Sebagian menilai keputusan mundur itu amatlah egois," lanjutnya. (rea)