Justin Diduga 'Ajak' Fan Manipulasi Tangga Lagu demi Yummy

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 16:41 WIB
Justin Diduga 'Ajak' Fan Manipulasi Tangga Lagu demi Yummy Justin Bieber diduga sempat 'mengajak' penggemar untuk memanipulasi capaian tangga lagu untuk Yummy. Kini, unggahan itu sudah dihapus. (dok. YouTube/Justin Bieber)
Jakarta, CNN Indonesia -- Justin Bieber diduga berencana mengisi puncak tangga musik lewat lagu terbarunya, Yummy, dengan cara ilegal. Lewat tangkapan layar sejumlah warganet, di akun resmi media sosial Justin mengajak fan yang berada di luar Amerika Serikat untuk mengunduh aplikasi VPN (Virtual Private Network).

VPN merupakan sistem teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah setempat. Pada dasarnya, VPN memberikan akses kepada pengguna untuk bisa membuka situs lokal negara tertentu lewat jaringan umum.

Ajakan itu diduga disampaikan lewat akun resmi Instagram Justin Bieber. Dalam unggahan yang telah dihapus tersebut, Justin Bieber mengajak fan atau yang kerap disapa Belieber untuk terus mendengarkan Yummy lewat aplikasi streaming.
"Jangan matikan suaranya. Mainkan dalam volume pelan. Biarkan lagu tetap terputar ketika kalian tidur. Apabila tidak dari AS, kalian bisa mengunduh aplikasi VPN dan mengatur ke kawasan AS. Kemudian membuat akun Spotify," tulis @justinbieber.


Meski telah dihapus, banyak orang yang telah menangkap layar unggahan itu dan mengunggah ulang ke media sosial.

"Bagi yang merasa hal itu sebuah kebohongan. Ini, saya telah menyimpannya," cuit akun @VHOSSKE.



Beberapa warganet bahkan menandai akun resmi Twitter petinggi senior Tangga Musik Billboard Gary Trust @Gthot20. Salah satunya ialah akun @mainpopgirI.
"Surat terbuka untuk @gthoht20. Demi integritas dan prinsip Anda tolong lihat ini. Justin Bieber lewat IG resmi meminta 124 juta pengikutnya menggunakan VPN dan memanipulasi tangga musik AS," cuit akun @mainpopgirI



Sejumlah warganet menilai Justin Bieber mulai depresi setelah melihat unggahan tersebut.

"Justin Bieber meminta penggemar untuk tidur sambil mendengarkan Yummy dan penggemar yang di luar AS untuk menggunakan VPN supaya [Yummy] menjadi nomor satu," cuit akun @ryypatrick.



"Sedepresi apa dia sebagai selebriti dengan segala ketenaran dan keberuntungan hingga bisa meminta penggemar mengunduh VPN dan membuat akun Spotify dan mendengarkannya. Justin Bieber memalukan," tulis akun @FemaleProducer.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)