Raih Nominasi Oscar, Sutradara Beber Ide Serial TV Parasite

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 15:43 WIB
Raih Nominasi Oscar, Sutradara Beber Ide Serial TV Parasite Sutradara Parasite, Bong Joon-ho punya alasan sendiri mengapa memilih bentuk serial terbatas televisi sebagai kelanjutan film itu. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Parasite, Bong Joon-ho mengungkapkan rencana dan alasan atas ide pengembangan film Korea Selatan tersebut ke bentuk serial terbatas televisi, setelah berhasil memenangkan enam nominasi Oscar 2020.

Sebelumnya sempat beredar rencana sebuah rumah produksi asal Amerika Serikat berkeinginan menggarap ulang film tersebut. Tapi keinginan itu ditolak Joon-ho.

Dia sempat menyindir soal hal itu dalam pidato kemenangannya di Golden Globe dengan menyatakan, "Ketika kau berhasil menguasai subtitle sebesar satu inci, kau akan diperkenalkan dengan banyak film luar biasa."


Bong Joon-ho mengungkapkan ia lebih senang bisa mengembangkan Parasite melalui serial televisi. Baginya, Parasite punya banyak hal untuk disampaikan dan itu cukup lewat serial terbatas televisi.

"Ketika saya memikirkan serial terbatas, saya benar-benar menganggapnya sebagai film yang diperluas. Seperti karya Fanny and Alexander dari Ingmar Bergman, kau memiliki versi bioskop tiga jam dan versi TV tiga jam. Jadi tujuan saya adalah untuk membuat versi yang diperluas dari 'Parasite," kata Bong Joon-ho kepada Variety.

Pada awal Januari, sempat tersiar kabar bahwa Bong Joon-ho bekerja sama dengan Adam McKay untuk membuat seri untuk HBO. Joon Ho pun mulai membuka tentang antusiasnya atas kerja sama itu.

Namun The Hollywood Reporter sebelumnya melaporkan bahwa saat ini kesepakatan belum final. Bong dan McKay disebut akan membuat sebuah tersebut dalam bahasa Inggris. Keduanya juga akan berperan sebagai eksekutif produser untuk serial Parasite.

"Adam McKay dan HBO melakukannya sangat baik dengan 'Succession.' Untuk bekerja dengan seniman-seniman yang telah menciptakan karya-karya hebat, saya ingin mengaktualisasikan upaya ini untuk memperluas film ini dan mengeksplorasi semua ide yang saya miliki dari tahap penulisan skrip, dari apa yang bisa terjadi di antara adegan melalui serial TV," kata Bong Joon-ho.

Raih Nominasi Oscar, Sutradara Beber Ide Serial TV ParasiteSutradara Parasite, Bong Joon-ho punya alasan sendiri mengapa memilih bentuk serial terbatas televisi sebagai kelanjutan film itu.: (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)

Bong menegaskan dia dan McKay belum memutuskan apakah serial TV ini akan ditetapkan di Korea Selatan atau menjadi adaptasi bahasa Inggris.

"Kami masih sangat banyak di tahap awal," katanya. "Saya akan segera bertemu dengan Adam untuk membicarakan pengaturannya. Untuk saat ini, banyak hal yang terbuka."

Selain itu, Bong Joon-ho masih bergembira akan capaian film Parasite masuk nominasi Academy Awards ke-92 atau ajang Piala Oscar 2020. Film itu mencatat sejarah dengan menjadi film Korea Selatan pertama yang berhasil masuk nominasi dalam Oscar.

Bukan hanya masuk dalam kategori Best International Feature Film seperti yang diduga sejak awal, film ini total mendapat enam nominasi, termasuk Best Pictures, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best Editing, dan Best Production Design.

Di samping itu, Parasite jadi film keenam dalam sejarah Oscar yang mendapatkan nominasi Film Terbaik dan Film Internasional atau dulu disebut Film Berbahasa Asing Terbaik, sekaligus.

"Saya tidak membuat film ini untuk semua nominasi ini tetapi entah bagaimana ini semua terjadi. Saya sangat senang mendapatkan nominasi untuk penyuntingan dan desain produksi," kata Bong Joon-ho

"Mereka semua adalah master hebat dengan karier yang panjang dan saya sangat senang melihat mereka dinominasikan ... Kami melakukan banyak upaya di semua departemen untuk film ini," lanjutnya.

"Kami mencoba membuat pendekatan dengan penguasaan dan seni serta tantangan baru. Di samping itu tetap tidak berpuas diri dan saya pikir para pemilih [nominasi] benar-benar mengenalinya sebagai sesama pembuat film," katanya.

Meski Parasite telah menorehkan capaian besar, tapi sejumlah penggemar masih kecewa dengan keputusan penyelenggara Oscar atas nominasi yang diraih oleh film tersebut.

Mereka menyesalkan sikap penyelenggara yang mengabaikan para pemain Parasite untuk bersaing di bidang akting. Padahal, diberitakan Variety, film Parasite pun tidak akan sukses bila tak didukung aksi memukau dari para pemainnya. (agn/end)