Gigi Hadid Seleksi Jadi Juri di Persidangan Harvey Weinstein

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 05:28 WIB
Gigi Hadid Seleksi Jadi Juri di Persidangan Harvey Weinstein Model Gigi Hadid menjadi salah satu orang yang berpotensi menjadi juri dalam persidangan Harvey Weinstein. Ia pun memenuhi panggilan seleksi di pengadilan. (AFP Photo/Alberto Pizzoli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Model Gigi Hadid menjadi salah satu orang yang berpotensi menjadi juri dalam persidangan Harvey Weinstein. Ia pun memenuhi panggilan seleksi juri di pengadilan Amerika Serikat.

Saat sidang, Hadid mengaku berteman dengan Cara Delevingne, model dan aktris yang menuduh Weinstein mencoba menciumnya dalam satu pertemuan di hotel pada Oktober 2017 lalu.

Hadid mengatakan kepada Hakim James Burke bahwa dia telah bertemu Weinstein. Menurut laporan Variety, Hadid juga mengatakan bahwa dia sudah bersua Salma Hayek, aktris yang namanya ada dalam daftar orang-orang mungkin relevan dengan kasus tersebut.
Burke lantas bertanya apakah Hadid bisa adil. Ia pun meyakinkan sang hakim.


"Saya pikir saya masih bisa tetap terbuka pada fakta-fakta," kata Hadid.

Kekasih penyanyi Zayn Malik itu terlihat meninggalkan ruang sidang setelah siang hari. Hadid diperkirakan akan kembali untuk proses lebih lanjut pada Kamis (16/1).

Hadid sendiri datang ke proses seleksi juri di hari kelima. Sejauh ini, lebih dari 100 orang telah mengisi kuesioner yang menanyakan latar belakang mereka dan kemampuan untuk bersikap adil dalam kasus ini.
Pekan lalu, seorang calon juri mengatakan kepada hakim bahwa dia tidak bisa adil kepada Weinstein karena temannya telah "berjumpa" dengan produser tersebut.

Dua oran lainnya mengaku mustahil untuk tidak memihak setelah membaca "Catch and Kill" karya Ronan Farrow. Beberapa yang lain juga mengaku telah membaca tentang kasus ini di berita atau juga menjadi korban penyerangan.

Pengacara Weinstein meminta agar lebih banyak waktu untuk menanyai anggota juri satu per satu, tetapi Burke mengatakan bahwa itu tidak perlu.

[Gambas:Video CNN]

Burke berharap juri sudah terpilih pada pertengahan pekan depan. Persidangan awal telah ditetapkan tentatif untuk 22 Januari.

Weinstein menghadapi lima dakwaan pemerkosaan dan kekerasan seksual. Jika terbukti bersalah, ia bisa menjalani hukuman seumur hidup.

Dia juga didakwa di Los Angeles pekan lalu dengan empat tuduhan pelecehan seksual tambahan yang terhubung dengan dua insiden pada Februari 2013. (agn/has)