Dewa 19 Gelar Tur Rayakan 20 Tahun Album Bintang Lima

tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 17:17 WIB
Dewa 19 Gelar Tur Rayakan 20 Tahun Album Bintang Lima Dewa 19 bersiap menggelar tur 20 Tahun Bintang Lima di enam kota. Tur dibuka mulai 15 Februari di Bandung. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band Dewa 19 menggelar tur di Indonesia dalam rangka perayaan 20 tahun album Bintang Lima. Album tersebut pertama kali rilis pada tahun 2000 silam untuk memperkenalkan dua personel baru, yaitu Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros sebagai drummer.

Promotor tur bertajuk 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 ini, Otello Asia, menilai bahwa album kelima itu adalah favorit Baladewa. Menurutnya, kala itu Bintang Lima terjual hampir 2 juta kopi.

"Waktu enggak kerasa, saya mau bangkitkan memori Baladewa tentang album Bintang Lima," kata CEO Otello Asia Sysan Ibrahim saat jumpa media di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).


Konser ini sekaligus menandai kembalinya Ahmad Dhani setelah vakum bermusik karena mendekam di penjara. Sysan mengatakan Dhani bakal banyak terlibat dalam tur ini, dengan gimik dan aksi panggung yang belum pernah ditampilkan sebelumnya.

Dewa 19 akan tampil dengan formasi enam orang yang terdiri dari Dhani, Once, Yuke Sampurna, Andra Junaedi, Agung Yudha Asmara dan Dul Jaelani. Dul memang kerap serta sebagai kibordis untuk menggantikan sang ayah saat Dhani dipenjara.

"Kita bisa aja ajak Tyo Nugros, mungkin matematikanya enggak ketemu. Soal (posisi) Dul, ada band di dunia namanya Toto, kibordisnya dua, mungkin satu-satunya band yang kibordisnya dua," kata Dhani.
Dewa 19 Gelar Tur Rayakan 20 Tahun Album Bintang LimaDul Jaelani akan beraksi bersama sang ayah Dhani Ahmad dan Dewa 19 dalam 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Ia menambahkan, "Karena Dewa 19 penggemar [Toto], kiblat kita juga Toto. Kalau dua kibordis, tinggal dibagi, satu synth dan satu piano elektrik. Mungkin di semua lagu seperti itu."

Lebih lanjut, meski sempat beberapa kali tampil bersama dalam dua tahun terakhir, Once mengatakan mereka masih butuh banyak latihan sebelum tur. Pasalnya, lagu-lagu dalam Bintang Lima terbilang jarang dibawakan di atas panggung.

"Seperti Cinta Adalah Misteri? Itu enggak pernah kami bawakan. Bahkan waktu saya masih gabung sebelum (keluar tahun) 2010, banyak yang enggak kami bawakan. Jadi saya harus menghafal beberapa lagu lagi," kata Once.
Ada enam kota yang disinggahi Dewa 19 dalam 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020. Tur dimulai dari Bandung (15/2), Yogyakarta (22/2), Surabaya (14/3), Banjarmasin (21/3), Balikpapan (25/3) dan berakhir di Makassar (3/4).

Sysan menjelaskan Makassar belum tentu menjadi kota terakhir. Sampai saat ini mereka masih merencanakan Dewa 19 tampil di Jakarta sebagai bagian dari rangkaian tur 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020.

"Kemarin udah sempat bahas, tunggu tanggal main. Kalau ada (penampilan di Jakarta) akan jadi penutup dan kita akan berikan perlakuan yang berbeda," kata Sysan.

Dhani membalas, "Iya, tinggal masalah harga aja."

Tiket akan dijual mulai 17 Januari mendatang untuk semua kota. Tiket konser 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 terdiri dari beberapa kategori dan dibanderol mulai dari Rp160 ribu sampai Rp1,3 juta.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)