Daftar Panjang Idol Korea Hiatus Akibat Gangguan Kecemasan

CNN Indonesia | Kamis, 16/01/2020 20:46 WIB
Kim Jiho Oh My Girl menambah daftar panjang idol Korea yang terpaksa hiatus akibat gangguan kecemasan, mulai dari Mina TWICE hingga Kang Daniel. Kim Jiho Oh My Girl menambah daftar panjang idol Korea yang terpaksa hiatus akibat gangguan kecemasan, mulai dari Mina TWICE hingga Kang Daniel. (dok. JYP Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar idol Korea yang harus hiatus dari aktivitas grup akibat gangguan kecemasan bertambah. Kim Jiho Oh My Girl harus absen dari seluruh aktivitas grup karena mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan kecemasan.

WM Entertainment selaku agensi mengatakan Jiho akan hiatus dan beristirahat akibat gangguan kesehatan termasuk gangguan kecemasan yang sebenarnya sudah diobati sejak tahun lalu.

"Namun kondisinya memburuk akhir-akhir ini. Kami memutuskan supaya dirinya bisa beristirahat dari seluruh aktivitas grup. Kami akan melakukan yang terbaik dan membantu penyembuhan," tulis WM Entertainment seperti dilansir South China Morning Post.


Sebelumnya, beberapa idol juga harus hiatus karena gangguan kecemasan. Salah satunya ialah Mina TWICE. Mina sempat absen dari seluruh aktivitas TWICE dan kembali ke Jepang untuk menjalani pengobatan sejak Juli 2019.

Kendati demikian, Mina menyempatkan ikut peringatan hari jadi keempat TWICE beberapa waktu lalu dan dikonfirmasi akan ikut dalam acara bersama penggemar pada Februari 2020.

Hal tersebut telah diputuskan JYP Entertainment selaku agensi berdasarkan kondisi kesehatan serta diskusi bersama keluarga Mina.

Salah satu artis JYP Entertainment lainnya, Han Stray Kids juga hiatus akibat gejala kecemasan mental yang berulang. Agensi mengatakan Han menderita ketegangan ekstrem ketika harus dekat dengan banyak orang yang tak dikenal.

Solois Kang Daniel juga 'menghilang' sementara dari publik sejak awal Desember 2019 akibat depresi dan rasa cemas berlebihan satu pekan setelah ia merilis lagu terbaru.

Jooheon MONSTA X juga masuk dalam daftar tersebut. Ia hiatus dan beristirahat karena mengalami tanda-tanda gangguan kecemasan. Rapper MONSTA X ini akhirnya absen dari agenda akhir tahun di iHeartRadio Jingle Ball Amerika.

Pada pertengahan November, leader SEVENTEEN S.Coups turut hiatus yang kemudian diikuti Jeonghan akibat mengalami rasa pusing berlebihan.

HaSeul Loona serta Dawon Cosmic Girls (WJSN) juga dikabarkan mengalami gejala gangguan kecemasan yang berulang.

Melansir Yonhap, gangguan kecemasan kerap dialami para idol. Banyak idol yang menghabiskan masa remaja hanya untuk latihan. Sehingga mereka tak memiliki banyak waktu untuk membangun kesehatan mental.

Ketika telah menjadi bintang, banyak idol yang rentan mengalami tekanan akibat persaingan ketat dengan idola lain, komentar jahat, serta kehilangan privasi. (chri/end)