5 Program Legendaris yang Pernah Tayang di TVRI

tim, CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 08:53 WIB
5 Program Legendaris yang Pernah Tayang di TVRI TVRI yang pernah menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia tengah berada dalam pusaran masalah. (Foto: CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Televisi Republik Indonesia atau TVRI kembali menjadi pembicaraan publik pada Jumat (17/1) pagi. Direktur Utama Helmy Yahya diberhentikan pada Kamis (16/1) dan mengundang reaksi karyawan yang lantas menyegel kantor Dewan Pengawas (Dewas).

Kisruh TVRI ini sudah terjadi sejak akhir tahun lalu. Pada awal Desember, tanpa alasan yang pasti beredar surat penonaktifan Helmy selaku Direktur Utama. Helmy menentang Surat Keputusan Dewan Pengawas LPP TVRI Nomor 3 Tahun 2019 tertanggal 4 Desember itu, mengatakan keputusan tersebut cacat hukum.

Menkominfo Johnny G. Plate yang menilai kisruh ini sudah berjalan lama, kemudian menggelar mediasi secara terpisah antara Helmy Yahya dan Ketua Dewan Pengawas TVRI Arief Hidayat Thamrin di kantor Kemenkominfo, Jumat (6/12).
Masalah itu membuat masyarakat kembali mengingat TVRI yang pernah menjadi satu-satunya pilihan masyarakat. Mengudara sejak 24 Agustus 1962, saluran ini memiliki acara-acara yang kini jadi legenda, seiring dengan bertambahnya pilihan di kotak elektronik televisi.


Beberapa program pun pernah menjadi idola publik, selalu dinanti dan disimak seperti serial animasi Voltus V ataupun Dunia Dalam Berita. Berikut adalah sejumlah program TVRI yang masih lekat di ingatan.

Dunia dalam Berita

Sebelumnya, program ini bertajuk Berita Dunia. Ia adalah program berita mancanegara yang tayang setiap hari dengan durasi 30 menit sejak pukul 21.00 WIB.

Dunia dalam Berita tayang mulai tahun 1973, namun harus mengakui kekalahan rating pada 2008. Selama berpuluh tahun, penonton selalu ingat format program yang menampilkan dua pembawa acara dengan dandanan formal.

Serial Si Unyil

Kehidupan Unyil merupakan film seri TVRI yang ditayangkan setiap hari Minggu pagi sejak 1981 sampai 1993. Serial ini begitu legendaris, dengan karakter utama berbentuk boneka bernama Unyil dan sejumlah karakter pendukung seperti Pak Ogah dan Pak Raden.

Si Unyil lantas berpindah tayang ke stasiun RCTI pada 2002, lalu ke TPI pada 2003. Empat tahun kemudian, program itu diperbarui dengan nama Laptop Si Unyil.

Kuis Berpacu Dalam Melodi

Acara kuis yang merupakan ide Ani Sumadi ini pernah menjadi favorit keluarga-keluarga Indonesia. Tayang pertama kali di TVRI selama 10 tahun, Berpacu Dalam Melodi sempat berpindah-pindah stasiun.

BDM musim pertama, tayang pada 1988-1998 dipandu oleh Koes Hendratmo. Terbagi dalam lima musim, program ini memiliki hampir dua ribu episode.

Serial Losmen

Di era 1980-an, tak ada yang tak mengenal keluarga Broto yang mengelola sebuah losmen. Serial asli Indonesia ini menampilkan Mieke Widjaya, Mathias Muchus, Ide Leman, sampai Dewi Yull.

Sampai hari ini, Losmen diingat sebagai salah satu karya anak bangsa yang mengesankan dengan akting berkualitas.
Kuis Siapa Dia?

Kuis ini memiliki konsep sederhana, yakni memberikan petunjuk-petunjuk kecil tentang subyek yang harus ditebak peserta kuis. Istilah dalam program Siapa Dia?, 'mystery guest'.

Dibawakan oleh mendiang Aom Kusman yang memiliki pembawaan serius dan kaku, keseruan Siapa Dia? tak jarang mewarnai ruang tengah di rumah-rumah ketika penonton mencoba ikut menebak. Selain itu, program ini memiliki lagu tema yang sangat khas, yang terinspirasi dari Payung Fantasi gubahan Ismail Marzuki. (rea)