Meghan-Harry Resmi Mundur dari Kerajaan, Fan Gembira

tim, CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 14:34 WIB
Meghan-Harry Resmi Mundur dari Kerajaan, Fan Gembira Meski harus menanggalkan gelar kebangsawanan, keputusan resmi Harry-Meghan keluar dari Kerajaan Inggris disambut para pendukungnya. (DANIEL LEAL-OLIVAS / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keputusan Ratu Elizabeth II untuk mendukung Meghan Markle-Harry mundur dari Kerajaan Inggris dan bakal melepas gelar kebangsawanan mereka disambut gembira oleh penggemar pasangan tersebut.

Ratu Elizabeth II sebelumnya mengumumkan bahwa usai perundingan dirinya dengan Harry juga Meghan, mereka menemukan "cara konstruktif dan saling mendukung" atas keputusan pasangan tersebut mundur dari anggota senior keluarga kerajaan.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang dicintai. Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari sorotan intensif selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk memiliki hidup lebih mandiri," kata pernyataan Ratu Elizabeth.


Sebagai konsekuensi, Harry-Meghan Markle mesti melepas gelar kebangsawanan yang mereka terima His/Her Royal Highness atau HRH, sekaligus menerima pendanaan dari dana publik untuk kegiatan kerajaan mereka.

Pasangan tersebut juga mesti membayar 2,4 juta poundsterling dari uang pajak yang mereka gunakan untuk merenovasi Frogmore Cottage yang akan tetap menjadi rumah mereka.

Namun Harry dan Meghan akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Sementara peraturan baru baru akan berlaku pada musim semi mendatang, Harry akan dipanggil sebagai "Harry, Duke of Sussex" dan Meghan sebagai "Meghan, Duchess of Sussex".

Atas keputusan tersebut, penggemar pasangan tersebut menyambut baik status baru Meghan-Harry yang oleh media Inggris disebut sebagai "Megxit".

"Meghan memberikan kariernya, teman, dan keluarganya hanya untuk bersama Harry. Sebagai balasan, Harry memberikan gelarnya dan pekerjaannya untuk istrinya Meghan dan putranya, Archie," kata salah satu penggemar di Twitter.

"Berhenti mengatakan Meghan membuat Harry melakukannya karena Harry sudah mengatakannya sejak awal bahwa ia akan melindungi keluarganya dan itu yang dilakukan teman saya," lanjutnya.



"Saya jujur sangat sedih, marah, dan bahagia. Sebagian besar, bahagia. Harry, Meghan dan Archie layak mendapatkan yang lebih dan dulu sering dikecewakan banyak orang. Ada banyak emosi saat ini. Satu hal yang pasti, saya tak akan pernah melupakan betapa mereka diperlakukan di Inggris dan siapa yang menjauh ketika mereka pergi," kata penggemar lainnya.





"Banyak rasa hormat kepada Harry dan Meghan karena tidak hanya meninggalkan gelar HRH mereka tetapi juga, yang paling penting, mengembalikan jutaan pound uang pembayar pajak," kata penulis naskah Gary Whitta.

(end)