Minta Maaf, CJ ENM Kucurkan Dana Investasi Rp297,3 Miliar

CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 19:05 WIB
Minta Maaf, CJ ENM Kucurkan Dana Investasi Rp297,3 Miliar Ilustrasi. (AFP Photo/Yeon-Je)
Jakarta, CNN Indonesia -- CJ ENM bakal mengucurkan dana investasi 25,3 miliar won atau sekitar Rp297,7 miliar yang didedikasikan untuk industri hiburan K-pop sebagai tanda maaf atas manipulasi suara dalam ajang audisi serial Produce.

Mereka memang menjanjikan pengucuran dana tersebut pada tiga pekan lalu. Saat itu, perusahaan utama dari saluran televisi Mnet ini meminta maaf atas manipulasi suara dalam ajang audisi serial Produce.

Dana investasi tersebut akan digunakan untuk membantu finansial para artis serta pelaku hiburan K-pop yang menjanjikan, tapi kekurangan dana. Uang itu diharapkan dapat meningkatkan ekologi industri musik dan menjamin keberlangsungan K-pop.


Melansir Yonhap, CJ menyediakan dana 25 miliar won yang kemudian ditambah sekitar 300 juta won dari KC Ventures. Dana tersebut akan dioperasikan secara independen selama tujuh tahun mendatang.

CJ menyatakan bakal mengucurkan lebih banyak dana di masa mendatang untuk menguatkan industri K-pop.

Produser utama dari acara audisi Produce 101 sendiri saat ini sedang menghadapi proses hukum akibat memanipulasi suara pada musim ketiga dan keempat yang menghasilkan girlband IZ*ONE serta boyband X1.

Kasus ini berbuntut pada pembubaran X1 beberapa bulan kemudian. Meski demikian, IZ*ONE tetap kembali beraktivitas. (chri/has)