Queen, Band Pertama yang Diabadikan di Koin Mata Uang Inggris

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 06:52 WIB
Queen, Band Pertama yang Diabadikan di Koin Mata Uang Inggris Lima dekade mengharumkan nama negara melalui musik, Queen akhirnya menjadi band pertama yang diabadikan dalam koin mata uang Inggris edisi khusus. (AFP Photo/Jean-Claude Coutausse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima dekade mengharumkan nama negara melalui musik, Queen akhirnya menjadi band pertama yang diabadikan dalam koin mata uang Inggris edisi khusus.

Badan usaha milik pemerintah, Royal Mint, memproduksi koin edisi Queen ini sebagai bagian dari koleksi Legenda Musik.

"Ini merupakan momen 'Siapa yang menyangka?' besar bagi kami," ujar gitaris Queen, Brian May, dalam pernyataan yang dikutip Pitchfork, Rabu (22/01).


Pernyataan itu berlanjut, "Ketika kami memulai Queen, bahkan tangga menuju pengakuan saja sepertinya sangat jauh dan tak mungkin tercapai. Band kami kini dikenal dan musik kami dirayakan seperti ini, sangat menyentuh. Penghargaan yang sesungguhnya."

Sementara itu, Kepala Bagian Komersial dari Royal Mint, Nicola Howell, mengatakan bahwa Queen layak diabadikan di dalam koin Inggris karena mereka merupakan salah satu band paling berpengaruh di generasinya.

"Karena itu, kami sangat senang memberikan penghormatan atas kontribusi hebat mereka bagi musik Inggris dengan koin mereka sendiri, yang akan menjadi kali pertama band Inggris diabadikan di koin Inggris," ucapnya.

[Gambas:Instagram]

Royal Mint menawarkan empat jenis koin, mulai dari keping bernilai 1 Pound Sterling berlapis perak seharga 60 Pound Sterling, hingga keping 100 Pound Sterling berbahan emas dengan harga 2 ribu Pound Sterling.

Semua keping koin menampilkan ukiran logo Queen dengan desain yang sudah disetujui oleh May dan Roger Taylor. Di sisi lainnya, terpampang ukiran wajah Ratu Elizabeth dan nilai dari mata uang tersebut. (has/has)