Desak Debut Ulang X1, ONE IT Demo di Depan Kantor CJ ENM

tim, CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 17:37 WIB
Desak Debut Ulang X1, ONE IT Demo di Depan Kantor CJ ENM ONE IT menuntut agensi CJ ENM bertanggung jawab dengan mengadakan debut ulang untuk X1. (dok. TvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan penggemar X1 atau yang kerap disapa ONE IT menggelar protes di depan gedung utama CJ ENM di Mapo-gu, Sangam-dong, Seoul pada Rabu (22/1) pagi. Mereka menuntut supaya boyband X1 bisa kembali beraktivitas.

Salah satu perwakilan ONE IT mengatakan aksi protes dilakukan karena tak tahan melihat CJ ENM yang selama ini dikenal sebagai pemimpin K-pop dan hallyu gagal bertanggung jawab atas pembubaran X1.

"Kami mengutuk CJ ENM karena menghindari tanggung jawab mereka terkait X1. CJ ENM melanjutkan bisnis K-pop padahal belum membayar kerusakan atas X1, korban dari kontroversi manipulasi yang mereka buat," kata salah satu representatif ONE IT.


Seperti dilansir Allkpop, para penggemar menuntut CJ ENM mengonfirmasi debut ulang X1 pada 31 Januari serta menggelar pertemuan bersama seluruh agensi dan member X1 untuk menyiapkan re-debut pada 7 Februari.Menurut ONE IT, hal itu diperlukan karena CJ ENM gagal mempertimbangkan keinginan anggota X1 yang memilih untuk bertahan.

Demo memang sudah berakhir. Namun, tuntutan tersebut terus disuarakan melalui media sosial. Tuntutan juga menjadi bentuk dukungan ONE IT di luar Korea Selatan yang tak bisa hadir dalam aksi protes langsung.

Sejumlah tagar seperti #CJTakeTheResponsibility dan #BringBackNewX1 menjadi trending topic dunia, termasuk Indonesia.

"Catat tanggal 22-01-20 dan selalu ingat hari ini akan menjadi salah satu sejarah baru K-pop. ONE IT bersatu bertarung mendapatkan keadilan," cuit @chochoseungyoun.



"Untuk semua yang di sana, berdemo, memberikan pidato, TERIMA KASIH. Kalian melakukan yang terbaik. Saya bangga pada kalian. Kami mungkin jauh tapi kita akan selalu bersama. Kalian membuktikan kekuatan kita bersama," cuit @yohangyulnet.



"Protes langsung sudah berakhir. Terima kasih K-oneits untuk menyuarakan tuntutan kami. Hati-hati saat kembali ke rumah. Kalian telah bekerja keras. Saya harap kita mendengar kabar baik setelah ini," cuit @2woodzya.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)