Penonton Grammy Awards 2020 Turun Usai Kontroversi

tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 11:39 WIB
Penonton Grammy Awards 2020 Turun Usai Kontroversi Grammy Awards 2020 dibuka dalam duka dengan penghormatan kepada pebasket Kobe Bryant. (Foto: Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angka penonton Grammy Awards tahun ini menurun ketimbang gelaran tahun sebelumnya. Menurut data Nielsen, acara penghargaan yang tayang di saluran CBS itu menarik rating 5.4 dengan total pemirsa sebanyak 18,7 juta dengan rentang usia 18-49 tahun.

Angka tersebut menurun sekitar tiga persen dalam demo utama dan enam persen dalam total pemirsa dibandingkan dengan siaran tahun lalu, yang meraih peringkat 5,6 dan 19,9 juta pemirsa.

Berdasarkan laporan Variety, rating siaran tahun ini menjadi salah satu yang terendah dalam sejarah Grammy. Sejauh ini, Grammy yang paling sedikit ditonton adalah pada 2006, dengan 17 juta pemirsa.


Meski demikian, Grammy masih terbilang menjadi siaran televisi dengan rating tinggi dan paling banyak ditonton di seluruh televisi Amerika Serikat pada Minggu (26/1) malam waktu setempat.

Di saluran TV lain, ABC mengudarakan berita khusus tentang kematian pebasket Kobe Bryant yang mencetak rating 0,5 di antara orang dewasa 18-49 dan menarik sekitar 2,5 juta penonton. Di NBC, American Ninja Warrior: USA vs. the World memberikan rating 0,4 dan 2,2 juta penonton.

Sementara itu di CW, Batwoman dan Supergirl masing-masing mendapat rating 0,2. Jumlah penonton kedua pertunjukan DC itu juga dinilai bertumbuh secara fraksional, dengan raihan 870 ribu dan 970 ribu penonton.

Selama acara Grammy, Billie Eilish menjadi pemenang besar dengan menyapu bersih empat kategori teratas yakni Song of the Year, Best New Artist, Album of the Year, dan Record of the Year. Dia juga memenangkan penghargaan untuk album Best Pop Vocal Solo, sedangkan kakaknya, Finneas O'Connell, unggul di kategori Producer of the Year dan Best Engineered Album (Non-classical).

Pemenang lain untuk malam itu termasuk Tyler, The Creator, yang memenangkan Best Rap Album, dan Lizzo, yang memenangkan tiga Grammy dari delapan nominasi, termasuk Best Pop Solo Performance. Lizzo juga membuka pertunjukan dan mempersembahkan penampilannya untuk mendiang Kobe Bryant.

Dalam Grammy ke-62, banyak aksi penghormatan untuk Bryant, termasuk penampilan pembawa acara Alicia Keys bersama Boyz II Men. Selain itu, jersey sang legenda basket juga dipamerkan selama penampilan, juga dalam segmen nyanyi Lil Nas X, Aerosmith dan Run DMC.

Namun, hampir tak ada referensi yang dibuat tentang pemecatan bos Recording Academy Deborah Dugan selama malam puncak Grammy. Sebelumnya, Dugan mengklaim ada korupsi di dalam Academy dan juga menyebut bahwa dirinya pernah menjadi korban pelecehan seksual.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)