YG Konfirmasi Partisipasi B.I di Album Baru iKON, i DECIDE

tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 10:45 WIB
YG Konfirmasi Partisipasi B.I di Album Baru iKON, i DECIDE Agensi mengonfirmasi bahwa B.I masih akan terlibat dalam album mendatang iKon, bertajuk i DECIDE. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- YG Entertainment mengonfirmasi bahwa album terbaru iKON, i DECIDE, akan memiliki sentuhan Kim Han-bin atau B.I. Hal tersebut dinyatakan langsung melalui akun resmi Twitter YG Entertainment pada Rabu (29/1).

Dalam keterangan tersebut, YG mengungkapkan memiliki dua opsi pasca B.I menyatakan keluar dari iKON dan agensi akibat dugaan penyalahgunaan narkotika.

"Opsi pertama adalah mengeluarkan semua lagu yang dibantu tulis dan buat oleh B.I serta mengulang persiapan. Namun, itu tak mungkin dilakukan atas pertimbangan waktu comeback yang terlalu lama," tulis YG Entertainment.


YG mengungkapkan album i DECIDE sesungguhnya telah direkam awal 2019 dan direncanakan dirilis pada pertengahan 2019. Dalam album tersebut, B.I juga berperan sebagai leader tim serta produser.

Namun, B.I memutuskan keluar pada Juni 2019. Sehingga, agensi memutuskan mengadakan diskusi untuk mempertimbangkan penggunaan produk yang telah diselesaikan pada awal 2019.

"Opsi kedua adalah mengeluarkan semua bagian rap B.I dan membuat melodi baru yang direkam member lain. Ini juga sulit untuk mengurutkan dan menyeimbangkan bagian para member di lagu yang sudah dibuat," tulis YG.

Opsi kedua itu disebut membutuhkan proses pembagian baru bagi enam member dan merekam ulang. "Setelah diskusi panjang, member dan agensi memutuskan menggunakan keduanya."
YG Konfirmasi Partisipasi B.I di Album Baru iKON, I DECIDEAgensi menyebut mereka memiliki dua opsi yang sama-sama sulit terkait album terbaru iKon usai B.I hengkang pada 2019 lalu. (screenshot via Instagram/@shxxbi131)
Keputusan itu diambil sebab lagu-lagu tersebut tidak ditulis dan diproduksi B.I sendiri. Album itu disebut produk kerja sama produser internal YG dan usaha para member.

"Kami memutuskan untuk menggunakan semua dengan penyesuaian," YG Entertainment menegaskan.

Mereka juga menambahkan satu lagu baru dalam i DECIDE. Lagu tersebut merupakan hasil karya member yang baru pertama kali menjadi komposer sejak debut pada 2015.



Dalam keterangan tersebut, YG Entertainment turut meminta maaf kepada B.I serta iKON yang kehilangan leader. Mereka meminta maaf kepada fan karena tak bisa mengatur artis.
"Walau ini permintaan maaf yang terlambat, YG tidak akan tanggung-tanggung menginvestasikan semuanya untuk menyelamatkan enam member iKON. Kami juga bekerja untuk membalas cinta para fan," tulis YG Entertainment.

i DECIDE merupakan mini album ketiga iKON yang berisikan lima lagu baru. i DECIDE akan pada dirilis 6 Februari.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)