BTS Pecahkan Rekor Justin Bieber di Billboard Social 50

tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 13:37 WIB
BTS Pecahkan Rekor Justin Bieber di Billboard Social 50 Bangtan Boys berada di Billboard Social 50 selama 164 minggu, selang seminggu dari catatan Justin Bieber. (dok. Big Hit Entertainment via TikTok)
Jakarta, CNN Indonesia -- BTS mengalahkan rekor Justin Bieber dengan menjadi artis yang bertahan paling lama di Billboard Social 50. Hal tersebut disampaikan Billboard melalui laman resmi pada Senin (3/2) waktu setempat.

"Catatan rekor terlama dalam Billboard Social 50 telah dipecahkan. BTS bertahan 164 minggu. Sementara itu, Justin Bieber bertahan 163 minggu," tulis Billboard.

Data Social 50 diperoleh dari perusahaan analisis musik Next Big Sound dan peringkat artis terpopuler di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Wikipedia. Metodologi peringkat juga memadukan perhitungan mingguan dari teman, penggemar, pengikut di media sosial. Pengumpulan data berakhir pada 30 Januari.


BTS telah masuk Social 50 sejak Oktober 2016. Boyband buatan Big Hit Entertainment ini bertahan di posisi atas tiap pekan sejak 29 Juli 2017.

Hal itu membuat mereka menjadi artis pertama yang bertahan di posisi puncak 100 dan 150 pekan berturut-turut sejak Social 50 dibuat sembilan tahun lalu.

"BTS tak berpuas diri untuk meraih rekor nomor satu. Boyband K-pop ini naik di hampir seluruh metrik grafik, mulai dari lonjakan 69 persen like di Facebook dan 29 persen peningkatan di Twitter," tulis Billboard.

BTS kini tengah bersiap merilis album studio keempat bertajuk Map of the Soul: 7. Album tersebut direncanakan mulai beredar pada 21 Februari. Sementara itu, video musik akan dirilis pada 28 Februari.

Jelang rilis, BTS dan Big Hit Entertainment telah mengeluarkan dua video musik trailer yakni Interlude: Shadow dan Outro: Ego. Mereka juga telah merilis single Black Swan yang langsung duduk di posisi 57 Billboard Hot 100 pada 1 Februari.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)