Jejak-jejak Sineas Asia Membakar Oscar

CNN Indonesia | Minggu, 09/02/2020 08:39 WIB
Jejak-jejak Sineas Asia Membakar Oscar Sejak piala pertama diterima Akira Kurosawa pada 1951, Asia sudah meninggalkan jejak prestasi di pentas Oscar hingga Parasite masuk nominasi Film Terbaik. (Dok. Studio Ghibli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angin segar berembus bagi perfilman Asia kala Parasite masuk dalam jajaran nominasi Film Terbaik ajang Academy Awards 2020. Film dari salah satu negara yang disebut sebagai Naga Asia Kecil itu menambah panjang jejak pendek Asia di pentas Oscar.

Jejak pendek tersebut bermula pada 1951, kala film Rashomon karya Akira Kurosawa mendapat penghargaan kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Tak hanya itu, Akira juga diganjar penghargaan khusus Honorary Academy Award karena dianggap menginspirasi sineas di seluruh dunia.


Naga-naga Asia yang Pernah Membakar Oscar (FOKUS)Pada 1951, kala film Rashomon karya Akira Kurosawa mendapat penghargaan kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. (Daiei Motion Picture Company)
Setelah itu, masih ada dua film dari Negeri Sakura yang meraih penghargaan Best International Feature Film sebelum kategori itu berubah dari sekadar penghargaan khusus menjadi kompetisi pada 1956.

Usai masuk ke dalam berbagai nominasi di sejumlah kategori, Asia akhirnya menembus bursa kategori Film Terbaik pada 1986. Saat itu, A Room with a View karya sineas India, Ismail Merchant, masuk nominasi kategori Film Terbaik, tapi tak berhasil keluar sebagai jawara.

Sineas Asia membutuhkan 14 tahun sebelum akhirnya kembali masuk jajaran nominasi Film Terbaik, yaitu sutradara Taiwan, Ang Lee, dengan Crouching Tiger, Hidden Dragon, pada 2000. Namun, film itu akhirnya hanya menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Meski demikian, sejarah tetap tertoreh karena Crouching Tiger, Hidden Dragon merupakan film Asia pertama yang memenangkan penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik setelah kategori itu berubah menjadi kompetisi.

Selain membawa piala pertama bagi Asia di kategori tersebut, film Crouching Tiger, Hidden Dragon kala itu juga mencatat rekor di Oscar dengan meraih 10 nominasi, sebelum kemudian disejajarkan dengan film non-bahasa Inggris, Roma, karya Alfonso Quaron pada 2019.
Naga-naga Asia yang Pernah Membakar Oscar (FOKUS)Crouching Tiger, Hidden Dragon merupakan film Asia pertama yang memenangkan penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik setelah kategori itu berubah menjadi kompetisi. (Asia Union Film & Entertainment Ltd. via IMDB)
Setelah tahun 2000, hanya enam film Asia lainnya yang menang merebut Film Berbahasa Asing Terbaik. Sepanjang sejarah Oscar, piala kategori itu paling banyak diberikan untuk karya dari wilayah Eropa yang mencapai 57, sementara kawasan Amerika lainnya di angka lima, dan Afrika hanya tiga.

Lebih dari satu windu absen dari jajaran penghargaan utama, Jepang akhirnya menjadi wakil Asia dengan mengukir prestasi dengan film karya Hayao Miyazaki, Spirited Away, yang memenangkan Film Animasi Terbaik pada 2003.

Karya Studio Ghibli itu menjadi film Asia pertama yang dinominasikan dan menang dalam kategori tersebut.

Bertahun-tahun Asia absen dari nominasi kategori "besar", akhirnya Ang Lee kembali muncul ke permukaan dengan Life of Pi yang masuk bursa Film Terbaik pada 2012, tapi kembali kalah.

Secara keseluruhan, Asia sudah lima kali menembus nominasi kategori Film Terbaik, yakni dengan tiga film awal karya Ismail Merchant, yaitu A Room with a View (1986), Howards End (1992), dan The Remains of the Day (1993).

Parasite menggenapkan angka nominasi Film Terbaik itu menjadi enam. Dari keenam film tersebut, dapat dikatakan Parasite merupakan satu-satunya karya yang murni Asia.

Ketiga karya Merchant, juga Life of Pi arahan Ang Lee menggunakan bahasa Inggris. Sementara itu, Crouching Tiger, Hidden Dragon memang berbahasa Mandarin, tapi produksinya ditangani perusahaan dari empat negara.

Mereka adalah China Film Co-Production Corporation dari China, Columbia Pictures Film Production Asia bersama Sony Pictures Classics dan Good Machine dari Amerika, EDKO Film dari Hong Kong, serta Zoom Hunt International Productions Company dari Taiwan.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Parasite merupakan produksi asli Asia dari perusahaan Korea, Barunson E&A. Percakapan dalam film ini juga menggunakan bahasa Korea.

Parasite pun menjadi harapan baru bagi Asia yang akan bersaing dengan karya-karya Hollywood untuk mendapatkan predikat Film Terbaik versi Oscar 2020, yaitu Joker, Little Women, Marriage Story, Ford v Ferrari, 1917, The Irishman, Jojo Rabbit, dan Once Upon A Time ... in Hollywood.

Ajang Piala Oscar 2020 akan digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre, Los Angeles. Saksikan siaran Oscar 2020 melalui live report dan live streaming di CNNIndonesia.com pada Senin (10/2) mulai pukul 07.30 WIB.
(agn/has)