Sinopsis Komik Death Note, Kala Manusia Ingin Jadi Tuhan

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 16:55 WIB
Sinopsis Komik Death Note, Kala Manusia Ingin Jadi Tuhan Death Note awalnya dirilis pada 2003 dan mengisahkan tindak tanduk Light Yagami sebagai Kira yang berambisi seperti Tuhan. (dok. VIZ Media)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata resmi kembali merilis komik Death Note pada Selasa (4/2). Death Note terbaru merupakan edisi spesial dan one-shot 87 halaman yang diunggah di Shonen Jump.

Death Note awalnya dirilis dalam majalah komik mingguan Shonen Jump dari Desember 2003 dan Mei 2006. Komik dengan 108 chapter itu dirilis dalam bentuk buku 12 jilid pada April 2004 hingga Juli 2006.

Berikut sinopsis komik Death Note versi awal.


Death Note bermula dari rasa bosan Ryuk terhadap gaya hidupnya bersama rekan-rekan yang selalu sama. Ryuk merupakan Shinigami (dewa kematian) yang mampu membunuh siapapun asalkan melihat atau membayangkan muka dan menuliskan namanya dalam Death Note.

Rasa bosan itu membuat Ryuk menjatuhkan Death Note miliknya ke Bumi karena ingin mengetahui respons manusia ketika mengetahui kemampuan buku tersebut.

Buku itu terjatuh di halaman sekolah Light Yagami, siswa teladan bermasa depan cerah. Light mengambil buku tersebut dan mengira itu hanya sebuah lelucon. Hingga, ia mencoba sendiri buku tersebut dan membunuh banyak kriminal dalam lima hari.

Setelah itu, Light untuk pertama kalinya bertemu dengan Ryuk, sang pemilik Death Note. Light tersadar betapa besar kemampuannya bersama Death Note.

Light mulai bermimpi menciptakan dunia tanpa kejahatan. Tak terhitung nama kriminal yang ditulis dalam Death Note. Ia mulai merasa, berpikir, dan bertindak selayaknya Tuhan. Aksi itu membuatnya dipanggil sebagai Kira, versi bahasa Jepang dari kata "kill".

Sinopsis Komik Death Note, Kala Manusia Ingin Jadi TuhanSinopsis Death Note: Death Note awalnya dirilis pada 2003 dan mengisahkan tindak tanduk Light Yagami sebagai Kira yang berambisi seperti Tuhan. (dok. VIZ Media)

Atas aksi tersebut, Kira kemudian mendapat 'perhatian khusus' dari aparat hingga Interpol. Perhatian itu membuat Interpol meminta bantuan L, detektif konsultan internasional yang telah memecahkan banyak kasus kejahatan besar.

Berkat kemampuan L, Interpol mengetahui Kira berada di Jepang. Light merasa dipermalukan dan bersumpah akan membunuh L karena menghambat rencananya.

Di tengah perseteruan L dan Light, muncul aksi pembunuhan diam-diam lainnya. Hal itu ternyata dilakukan oleh model sekaligus aktris terkenal, Misa Amane. Ia mendapatkan Death Note dari Shinigami bernama Rem.

Misa membuat kesepakatan dengan Rem untuk memiliki mata Shinigami yang membuat dirinya bisa membunuh hanya dengan mengetahui wajah korban. Kemampuan itu membuat Misa mengorbankan setengah umurnya.

Misa ternyata tergila-gila dengan Light. Ia menuntut Light menjadi kekasih hatinya. Tawaran tersebut diterima oleh Light dengan dasar ingin menggunakan mata Shinigami yang dimiliki Misa untuk mengetahui nama asli L.

Sinopsis Komik Death Note, Kala Manusia Ingin Jadi TuhanSinopsis Death Note: buku Death Note memiliki serangkaian peraturan penggunaan. (dok. VIZ Media)

Namun, L bergerak lebih cepat. Ia menyimpulkan Misa merupakan Kira kedua dan menahannya. Rem langsung mengancam Light apabila tak bisa menyelamatkan Misa.

Light membuat rencana di mana dia dan Misa kehilangan ingatan sementara tentang Death Note. Ia juga meminta Rem memberikan Death Note kepada orang 'jahat', Kyosuke Higuchi, yang berasal dari Grup Yotsuba.

Hal itu membuat Light menawarkan diri membantu L menangkap Higuchi sekaligus mengungkap keberadaan Death Note serta Shinigami. Ingatan Light dan Misa tentang Death Note pun kembali.

Premis Death Note versi komik sebelumnya menjadi dasar versi one-shot yang dirilis 2020. Namun, Death Note versi one-shot memiliki banyak karakter baru. Hal itu disebabkan Ryuk kembali menjatuhkan Death Note ke bumi bertahun-tahun setelah Light Yagami meninggal.

Death Note versi one-shot 2020 bisa dibaca di sini. (chri/end)