Bedah Makna Parasite, Kala Nilai Asia Memukau Hollywood

CNN Indonesia | Minggu, 09/02/2020 13:40 WIB
Dua keluarga. Satu kaya, yang lainnya tak berdaya. Premis Parasite memang sederhana, tapi banyak makna yang terkandung di dalamnya. Dua keluarga. Satu kaya, yang lainnya tak berdaya. Premis Parasite memang sederhana, tapi banyak makna yang terkandung di dalamnya. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua keluarga. Satu kaya, yang lainnya tak berdaya. Premis Parasite memang sederhana, tapi banyak makna yang terkandung di dalamnya, sampai-sampai karya Bong Joon-ho itu menyabet banyak penghargaan, bahkan masuk nominasi Film Terbaik di ajang Oscar.

Secara umum, Parasite menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi melalui kehidupan dua keluarga, yakni Keluarga Kim dan Keluarga Park.

Menurut Bong Joon-ho sendiri, film ini terasa lebih dekat dengan masyarakat karena berfokus pada permasalahan sehari-hari, cara bertahan hidup, dan keluarga.


"Keluarga merupakan kelompok paling dasar dalam masyarakat. Saya berusaha mengilustrasikan kehidupan dua keluarga ekstrem tanpa menggunakan istilah sosial ekonomi seperti polarisasi," kata Bong Joon-ho seperti dilansir Yonhap.

Associate Professor Studi Film Universitas Chapman, Nam Lee, mengatakan Parasite menjadi wadah bagi Bong Joon-ho untuk menggambarkan ketidakadilan dan kesulitan dari perspektif pihak yang lemah.

"Bong tidak lupa mengaitkan hal tersebut dengan kondisi yang lebih luas dalam masyarakat, seperti apa yang membuat satu karakter bertindak demikian? Apa yang mendorong ke bencana secara fisik dan moral?" kata Nam Lee dalam hasil studinya yang dilansir di makalah diskusi Busan International Film Festival.

Dalam karya sebelumnya, Bong Joon-ho acap kali menggambarkan kesenjangan sosial dengan cara hitam dan putih, penguasa mengeksploitasi yang lemah, seperti dalam film Snowpiercer dan The Host.

Namun, hal itu tak terlihat dalam Parasite, di mana semua terlihat abu-abu. Tak ada yang benar-benar baik atau jahat dalam film tersebut. Parasite malah menjadi sarana Bong Joon-ho mematahkan stereotip orang kaya pasti jahat dan suka mengeksploitasi.

"Walau dia (istri Tuan Park) kaya, dia tetap baik," kata Kim Ki-taek dalam film.

"Dia baik karena dia kaya," jawab istri Ki-taek.
Bedah Makna Film Parasite (FOKUS)Potongan adegan film Parasite. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Aktor Song Kang-ho (Ki-taek) pernah menyatakan kalimat sederhana itu berangkat dari anggapan bahwa orang kaya lebih mudah untuk berbagi dan berbuat baik.

Sementara itu, mereka yang kekurangan mungkin lebih sulit untuk berbagi, termasuk ketika mereka benar-benar ingin melakukannya.

Kondisi tersebut terlihat jelas dalam sajian utama Parasite yakni orang kelas bawah malah saling memangsa ketimbang menyatukan kekuatan.

Keluarga Kim awalnya hanya ingin memperpanjang hidup lewat bekerja di rumah Park. Hal itu membuat mereka menyusun rencana untuk menyingkirkan asisten rumah tangga Keluarga Park, Moon-kwang.

Namun, rencana itu berubah menjadi aksi kejahatan bahkan "perang' ketika mengetahui Moon-kwang menyembunyikan suaminya, Keun-se, di rubanah. Moon-kwang sejatinya mau diajak kompromi dengan Keluarga Kim asal suaminya bisa tetap tinggal di rubanah.
Bedah Makna Film Parasite (FOKUS)Cuplikan adegan Parasite. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Aksi itu dianggap menjadi salah satu cara Parasite menunjukkan keberadaan masyarakat yang melegalkan tindakan kriminal demi keluarganya dan memperpanjang hidup.

"Parasite menunjukkan kerusakan moral masyarakat. Keluarga Kim sama sekali tak merasa bersalah. Mereka malah melakukan dan mengembangkannya secara natural dan indah," tutur Nam Lee.

Salah satu contohnya adalah ketika Ki-woo hendak bekerja sebagai guru bahasa Inggris di rumah Keluarga Park. Seluruh anggota keluarga Kim menganggap semua hal yang dilakukan sejak awal adalah wajar.

Strategi awal bermula dari Min-hyuk, teman Ki-woo yang notabene orang terpelajar, tapi mendorong Ki-woo memalsukan dokumen.

Hal itu berlanjut dengan kesuksesan Ki-jung memalsukan sertifikat pendidikan Ki-woo. Sang ayah, Ki-taek, bahkan sempat memuji Ki-jung bisa menjadi mahasiswa terbaik jika Oxford memiliki jurusan pemalsuan dokumen.
Bedah Makna Film Parasite (FOKUS)(Dok. CJ Entertainment via IMDB)
Sang istri juga meminta Ki-taek mendoakan Ki-woo supaya bisa diterima kerja dengan sertifikat palsunya. Kesinambungan tersebut ditutup dengan narasi Ki-woo yang menegaskan tindakan mereka bukanlah kejahatan.

"Pa, aku enggak menganggap ini pemalsuan. Tahun depan aku akan masuk kampus ini. Aku hanya mencetaknya lebih awal," tutur Ki-woo.

"Ah rupanya kau punya rencana," jawab Ki-taek sambil tersenyum bangga.

Dari adegan tersebut, Nam Lee menyimpulkan Parasite menggambarkan kebobrokan mental di masyarakat.

Hanya selang beberapa puluh menit dari adegan tersebut, Bong Joon-ho membawa penonton kepada realita di mana tak semua masalah bisa langsung diatasi lewat perencanaan.
Bedah Makna Film Parasite (FOKUS)Cuplikan adegan Parasite. (Dok. CJ Entertainment)
Ki-woo dari awal terbiasa merencanakan segala sesuatu untuk keluarganya. Namun, ia bingung ketika keluarganya hampir kehilangan segalanya akibat banjir bandang dan terlibat masalah dengan Moon-kwang.

"Kau tahu rencana apa yang tak akan gagal? Tidak ada rencana. Karena hidup tidak bisa direncanakan," kata Ki-taek kepada Ki-woo.

"Enggak ada rencana, ya rencana," Ki-taek menegaskan.

Nam Lee menganggap Parasite menggambarkan kekacauan di mana tiap orang bisa bingung dan tersesat.

"Sebuah keputusasaan yang membuat masyarakat tak mungkin lagi bermimpi atau berharap," tulisnya.

Nam Lee juga berpendapat Sutradara Bong berhasil menyelipkan pesan mengenai dampak sebuah hinaan terhadap seseorang.
Bedah Makna Film Parasite (FOKUS)Adegan Parasite. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Pesan tersebut jelas terlihat ketika Ki-taek menusuk Tuan Park. Aksi itu dinilai bukan sebagai rasa iri Ki-taek terhadap kekayaan Tuan Park, melainkan bentuk amarahnya atas rasa malu yang tak terbendung.

"Bau orang miskin yang kerap dibilang Tuan Park dan selalu menutup hidup saat berada di dekat Ki-taek merupakan sebuah penghinaan yang membuat Ki-taek membunuh Tuan Park," tutur Nam Lee.

Hingga pada akhirnya, Bong Joon-ho membungkus rapi seluruh permasalahan dalam Parasite dengan pandangan keluarga pada dasarnya menjadi tempat yang paling aman.

Nam Lee menyatakan Parasite menunjukkan dua sisi koin dalam keluarga, situasi ironi di mana keharmonisan malah membuat rasa egois bertumbuh.

"Seluruh anggota keluarga Ki-taek yang pengangguran mencoba bertahan hidup dengan sistem family-nation. Namun, mereka berakhir secara tragis," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Makna film ini dianggap bisa begitu meresap salah satunya karena terjemahan bahasa yang baik. Semuanya berkat tangan dingin sang penerjemah, yaitu kritikus film asal AS, Darcy Paquet.

Dengan nada kelakar, Paquet pun mengatakan bahwa ia menyumbang 5 persen dari setiap kesuksesan Parasite di berbagai ajang internasional.

"Saya tahu 95 persen dari film berasal dari pembuatnya dan aktornya. Namun, karena terjemahan saya ada di layar, saya rasa saya bisa ambil kredit hingga lima persen," ucap Paquet kepada Yonhap.

Bong sendiri mengakui bahwa faktor bahasa yang tak lagi jadi kendala merupakan bagian penting dari kesuksesan Parasite.

"Ketika kalian dapat melewati tembok terjemahan, kalian akan menemukan begitu banyak film-film luar biasa," kata Bong saat menerima piala di ajang Golden Globe.

Ajang Piala Oscar 2020 akan digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre, Los Angeles. Saksikan siaran Oscar 2020 melalui live report dan live streaming di CNNIndonesia.com pada Senin (10/2) mulai pukul 07.30 WIB.


(chri/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK