FOTO: Festival Penebusan Dosa di Thaipusam

AFP PHOTO, AP PHOTO, CNN Indonesia | Minggu, 09/02/2020 06:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan ribu umat Hindu berdesakan merayakan festival Thaipusam di Gua Batu, Malaysia, sejak Sabtu (8/2) pagi, sebuah ritual penebusan dosa kepada Dewa Muruga.

Ribuan umat Hindu merayakan festival Thaipusam di Gua Batu, Malaysia, sambil membawa Kavadi, bingkai dari kayu atau besi yang berbentuk melengkung berwarna cerah dan dihiasi bulu merak atau karangan bunga. (AP Photo/Vincent Thian)
Peserta festival lainnya membawa paal kudam (panci susu) dan berjalan dari pintu masuk Kuil Sri Subramaniar ke kuil di puncak bukit. (AP Photo/Vincent Thian)
Festival Thaipusam, dengan Hindu Murugan sebagai sosok sentral, merupakan prosesi tahunan bagi umat Hindu dalam mencari keberkahan, menunaikan janji untuk bertobat, sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih. (AP Photo/Vincent Thian)
Setiap tahun, ribuan umat Hindu menaiki 272 anak tangga Gua Batu sebelum meletakkan kavadi mereka di depan kuil untuk memuja Dewa Muruga. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Festival Thaipusam juga menandai kelahiran Dewa Muruga, putra bungsu Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang kemudian memberi Muruga
Para pembawa kavadi ini kerap berjalan bersama dalam kondisi seperti kerasukan yang juga dipicu oleh musik khas India Thavil Vadhyam dan Nadaswara. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Sebelum merayakan festival ini, umat Hindu lebih dulu berpuasa selama sebulan untuk memurnikan jiwanya. Selama periode berpuasa ini, umat Hindu hanya makan sayuran sekali sehari dan rutin ke kuil.  (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Orang Hindu merayakan acara ini terutama saat bulan purnama penuh, di bulan Tamil (Januari hingga Februari). Menurut para astrolog India, konstelasi Pusam akan jadi yang tertinggi di surga pada bulan ini. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Meskipun Virus Corona tengah mewabah, tidak banyak terlihat peziarah yang mengenakan masker. Hanya sejumlah kecil penduduk lokal dan wisatawan yang memakainya. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Mereka mengaku tidak risau soal wabah ini dan menilai situasi di Malaysia sudah terkendali. Selain itu, pemakaian masker tak menjamin pencegahan virus. (AP Photo/Vincent Thian)