Barack Obama Raih Piala Oscar Pertama Berkat American Factory

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 14:53 WIB
Barack Obama Raih Piala Oscar Pertama Berkat American Factory Barack Obama dan istrinya, Michelle, meraih piala Oscar kategori Film Dokumenter Terbaik untuk karya yang mereka produseri, American Factory. (Scott Olson/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barack Obama dan istrinya, Michelle, meraih piala Oscar kategori Film Dokumenter Terbaik untuk karya yang mereka produseri, American Factory. Penghargaan tersebut merupakan yang pertama untuk studio milik Obama, Higher Ground.

Namun, mantan presiden dan ibu negara Amerika Serikat itu tidak menghadiri malam penganugerahan di Dolby Theatre, Los Angeles, pada Minggu (9/2) waktu setempat untuk menerima piala.

Penerimaan piala tersebut akhirnya diwakili oleh asisten sutradara American Factory, Steven Bognar dan Julia Reichert.


Dengan kemenangan di kategori ini, American Factory mengalahkan sederet karya, seperti film asal Thailand tentang penyelamatan tim sepak bola yang terjebak dalam gua, The Cave, serta The Edge of Democracy, For Sama, dan Honeyland.

Sebelumnya, American Factory sendiri telah memenangkan penghargaan di Directors Guild of America Award dan di Los Angeles Film Critics.

American Factory menceritakan kisah tentang dampak ketika sebuah perusahaan Cina membuka pabrik kaca otomotif di bekas pabrik General Motors di Ohio. Mereka menghadapi perbedaan budaya yang kuat hingga keraguan di tengah masyarakat.

Selain film dokumenter, Higher Ground juga akan memproduksi drama dan program tentang keluarga. Agustus lalu, Barack Obama menjelaskan misi perusahaan dalam sebuah wawancara video dengan sutradara American Factory.

[Gambas:Video CNN]

"Kita semua memiliki kisah sakral di dalam diri kita, bukan?" katanya, dikutip dari Variety.

"Sebuah kisah yang memberi kita makna dan tujuan serta cara kita mengatur kehidupan. Kisah yang baik adalah kisah yang bagus. Jika itu adalah film dokumenter seperti milikmu atau jika itu adalah cerita yang membantu orang memahami sesuatu yang tidak mereka pahami sebelumnya, kami ingin mencoba apakah kami dapat menyuarakannya."

Obama sendiri memang tak pernah menghadiri malam penghargaan Academy Awards. Sementara itu, Michelle Obama pernah tampil melalui sebuah video ketika mempersembahkan Argo sebagai film terbaik di Oscar 2013. (agn/has)