Dikonsep Sejak 8 Tahun Lalu, Museum Oscar Buka Desember 2020

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 22:30 WIB
Museum Oscar di Los Angeles bakal dibuka mulai 14 Desember 2020. Rencana proyek ini pertama kali diumumkan delapan tahun lalu. Ilustrasi piala Oscar. Museum Oscar di Los Angeles akan dibuka pada 14 Desember 2020. (VALERIE MACON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- The Academy Museum of Motion Pictures atau Museum Oscar bakal dibuka pada akhir tahun ini di Wilshire Boulevard, Los Angeles, delapan tahun setelah rencana proyek itu pertama kali dinyatakan. Tom Hanks selaku Komisaris dan Wakil Ketua Proyek Academy Museum bersama Bob Iger dan Annette Bening mengumumkan hal tersebut selama pagelaran Academy Award ke-92 atau Oscar 2020 pada Minggu (9/2) waktu AS.

"Ada banyak budaya yang dapat ditemukan di City of Angels, tetapi tidak pernah ada museum yang didedikasikan untuk seni dan ilmu gambar bergerak," kata Hanks.

Lewat pernyataan resmi, Direktur Academy Museum Bill Kramer pun memberi kabar terbaru tentang pembukaan museum tersebut.


"Kami tak sabar untuk menyambut seluruh dunia ke Academy Museum. Ketika pintu kami dibuka pada 14 Desember, kombinasi mendebarkan dari pameran, pemutaran, program publik, dan pendidikan kami akan menciptakan pengalaman yang tak tertandingi bagi para pecinta film di mana pun," tulisnya, dikutip dari Variety.

Pengumuman tanggal pembukaan ini diungkap dua minggu setelah Presiden Academy David Rubin mengatakan pada acara makan siang nominasi Oscar bahwa penggalangan dana untuk Academy Museum of Motion Pictures telah mencapai lebih dari US$368 juta dalam bentuk cek dan uang tunai, mencapai 95 persen dari target sebesar US$388 juta.

Museum Oscar terletak di Wilshire Boulevard dan Fairfax Avenue, menggunakan lokasi bekas tempat belanja May Co. Proyek museum ini pertama kali diumumkan pada 2012 dengan Bob Iger sebagai ketua, dibantu oleh Annette Bening serta Hanks. Kala itu, Academy menunjuk arsitek Renzo Piano sebagai perancang dan memproyeksikan bahwa museum akan dibuka pada 2016.

Setelah itu Academy meluncurkan kampanye penggalangan dana US$250 juta dan dikumpulkan US$200 juta dalam bentuk cek. Namun, penggalangan dana tersebut kemudian macet dan biaya pembangunan membengkak.Salah satu donatur terbesar yang diumumkan sebelumnya berasal dari Haim dan Cheryl Saban, yang menjanjikan US$50 juta pada September 2017. Untuk itu, bangunan utama museum akan dinamai Saban Building.

Nantinya, fasilitas Museum Oscar akan mencakup Barbra Streisand Bridge, the Steve Tisch Terrace, the East West Bank Gallery, serta the Bob Iger and Willow Bay Terrace. PwC bakal menjadi nama ruang pameran sejarah Academy Awards, sedangkan Wendy Stark of The Fran serta Ray Stark Foundation jadi nama restoran di museum.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)