RHCP Kembali Manggung dengan Frusciante di Acara Memorial

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 08:02 WIB
RHCP Kembali Manggung dengan Frusciante di Acara Memorial Dalam sebuah video yang diunggah dari acara memorial, RHCP dan John Frusciante kembali berjingkrak di atas panggung menandai aksi reuni mereka. (Bryan Bedder/Getty Images for Bob Woodruff Foundation/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Red Hot Chili Peppers (RHCP) kembali menyentuh panggung bersama gitaris John Frusciante setelah mengumumkan kembali bersama pada Desember lalu.

Frusciante kembali bergabung dengan RHCP dan menggeser Josh Klinghoffer yang telah mengisi posisi gitaris band itu selama sepuluh tahun terakhir.

Skater profesional Tony Hawk mengunggah video RHCP bermain bersama Frusciante dalam acara memorial untuk Andrew Burkle, sineas film dan putra dari miliarder Ron Burkle.


Acara tersebut diadakan oleh Tony Hawk Foundation, yayasan amal yang fokus di pembangunan skate park untuk anak-anak muda.

"Hari ini kami merayakan kehidupan Andrew Burkle, dia adalah putra, teman, dan saudara lelaki terkasih bagi orang-orang beruntung yang mengelilinginya," kenang Hawk melalui Instagram.


[Gambas:Instagram]

Hawk juga megunggah rekaman video penampilan Red Hot Chili Peppers dalam acara tersebut. Dalam sebuah panggung sederhana yang diadakan berlatar pepohonan, band yang terkenal era '90-an hingga awal milenium itu tampil membawakan lagu-lagunya.

John Frusciante merupakan gitaris dibalik karya-karya terkenal RHCP, diantaranya 'Blood Sugar Sex Magik' (1991), 'Californication' (1999), dan 'By The Way' (2002).

Pada November lalu, RHCP mengumumkan berpisah dengan gitaris Josh Klinghoffer. Sebagai gantinya, mereka kembali mengajak serta John Frusciante.

"Josh adalah musisi hebat yang kami hormati dan sayangi. Kami benar-benar bersyukur atas waktu bersamanya, dan atas berkat yang ia bagi dengan kami," kata RHCP di akun Instagram, Minggu (15/12).

Mereka melanjutkan, "Kami juga mengumumkan dengan bersemangat dan sepenuh hati, bahwa John Frusciante bergabung dengan grup kami."

Reuni tersebut menandai Frusciante yang bergabung untuk ketiga kalinya dengan Anthony Kiedis, Flea, dan Chad Smith.

Pada 1988, Frusciante menggantikan Hillel Slovak yang meninggal dunia setahun sebelumnya, serta mengisi album Mother's Milk (1989) dan Blood Sugar Sex Magik yang epik (1991).

Namun di tengah tur album Blood Sugar Sex Magik, Frusciante memilih berpisah. Enam tahun kemudian, pria 49 tahun itu kembali bersama RHCP di studio, menggarap Californication (1999), By the Way (2002), dan Stadium Arcadium (2006).

John Frusciante bukan hanya gitaris, ia juga bernyanyi, penggubah lagu, dan seorang produser. Ia aktif secara solo karier, dengan merilis 12 album dan tujuh album mini.

Musiknya seperti tak terbatas, antara rock eksperimental sampai new wave dan elektronik. Sebagai produser, ia berperan di album Duran Duran, Wu-Tang Clan, Johnny Cash, sampai Ziggy Marley dan gitaris Indonesia Dewa Budjana.

Dilansir dari NME, RHCP sedang mengerjakan album baru bersama Frusciante dan akan bermain di sejumlah festival musik dan melakukan tur mulai 15 Mei hingga 26 September 2020.

(gid/end)