Bong Joon-ho Bocorkan Jalan Cerita Serial Parasite

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 20:46 WIB
Sutradara Bong Joon-ho mengungkap sejumlah ide yang akan dikembangkan dalam serial Parasite. Bong Joon-ho mengungkap sedikit bocoran tentang ide dasar Parasite yang bakal jadi serial. (dok. CJ Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Bong Joon-ho mengatakan serial Parasite akan menjadi wadah mengembangkan banyak kisah dari versi film. Menurutnya, beberapa hubungan dan permasalahan tak bisa ia kembangkan dalam film karena keterbatasan durasi.

Salah satu yang akan dikembangkan adalah hubungan Min-hyuk (Park Seo-joon) dengan Yeon-kyo (Cho Yeo-jeong). Min-hyuk merupakan teman yang menawarkan Ki-woo (Choi Woo-shik) pekerjaan sebagai guru Bahasa Inggris di rumah keluarga Tuan Park.

"Min-hyuk menawarkan Ki-woo pekerjaan. Terdapat hubungan khusus antara Min-hyuk dan Yeon-kyo. Sesuatu yang terjadi di antara mereka. Saya tak bisa menggambarkan semua dalam durasi dua jam (film)," kata Bong Joon-ho seperti dilansir Dispatch.
Di awal film, Ki-woo pernah menanyakan tentang keluarga dan pekerjaan tersebut. Namun, jawaba Min-hyuk hanya terfokus pada Yeon-kyo, istri Tuan Park, nyonya besar di rumah tersebut.


"Ibunya (Yeon-kyo) sangat sederhana. Muda dan sederhana. Pokoknya saya suka," kata Min-hyuk pada Ki-woo.

Hal itu berlanjut ketika Yeon-kyo pertama kali bertemu dengan Ki-woo. Ia tak mempedulikan sertifikat kelulusan palsu yang dibuat dengan apik oleh Ki-jung (Park So-dam) dan langsung percaya pada rekomendasi Min-hyuk.
Bong Joon-ho Bocorkan Jalan Cerita Serial ParasiteSutradara menyebut ingin mengembangkan cerita lebih lanjut soal karakter Min-hyuk (Park Seo-joon). (dok. CJ Entertainment)
"Min-hyuk sangat pintar. Saya dan Da-hye sangat puas dengannya. Tidak ada hubungan dengan nilai Da-hye. Dia luar biasa. Kami ingin terus memakainya selama Da-hye sekolah tapi tiba-tiba dia kuliah ke luar negeri," kata Yeon-kyo di adegan tersebut.

Tak hanya itu, serial Parasite juga akan mengupas lebih dalam mengenai asisten rumah tangga Moon-kwang dan suaminya, Geun-sae.

Dalam film, Moon-kwang datang kembali ke rumah Tuan Park dengan muka penuh memar untuk memberi makan Geun-sae di rubanah. Itu kali pertama Moon-kwang kembali setelah dipecat Tuan Park.

Geun-sae sempat menanyakan alasan memar tersebut. Namun, Moon-kwang tak pernah menjawab hal itu.

"Saya sebenarnya punya kisah di balik itu. Bagaimana dia bisa mengetahui rubanah dan hubungan yang dimiliki dengan arsitektur pemilik rumah sebelum Tuan Park," kata Bong Joon-ho seperti dilansir The Wrap.

Dalam wawancara bersama The Hollywood Reporter, Bong Joon-ho mengatakan banyak hal yang bisa dituangkan dan disaksikan dalam serial Parasite, seperti kisah dari masing-masing karakter.

"Saya benar-benar ingin mengembangkan ide-ide tersebut dalam film berdurasi lima atau enam jam," tutur Bong Joon-ho.

Jelang penyelenggaraan Oscar 2020, Bong Joon-ho mengungkapkan telah berdiskusi dengan sineas peraih trofi Golden Globe yang juga eksekutif produser Succession, Adam McKay, untuk menggarap serial Parasite.

Menurut Bong Joon-ho, mereka sudah membahas mengenai dasar serial Parasite satu per satu seperti struktur cerita dan narasi yang hendak disampaikan.

Kendati demikian, belum ada pembahasan mengenai aktor yang akan membintangi serial tersebut.

Dalam Oscar 2020, Parasite membawa pulang empat piala yakni Film Terbaik (Best Picture), Sutradara Terbaik (Best Director), Film Internasional Terbaik (Best International Feature), dan Naskah Film Terbaik (Best Original Screenplay).

Parasite merupakan film satire tentang kesenjangan sosial keluarga yang ditunjukkan lewat keluarga Park, keluarga Kim dan pasangan Moon-kwang. Film tersebut juga menunjukkan upaya bertahan hidup dari keluarga kurang mampu.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)