Drummer Seringai Akan 'Pimpin' Konser Raisa di GBK

tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 19:24 WIB
Drummer Seringai Akan 'Pimpin' Konser Raisa di GBK Raisa Andriana dalam jumpa per Raisa LIVE in CONCERT di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (13/2). (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drummer band Seringai, Edy Khemod, ditunjuk menjadi creative director konser Raisa LIVE in CONCERT di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 27 Juni 2020. Kabar itu diumumkan oleh Raisa dan CEO JUNI Group Adryanto Pratono alias Boim.

Boim menjelaskan dirinya sudah mengenal Khemod sebelum berencana menggelar konser. Ia kemudian menghubungi sang drummer lewat telepon, mengajak mengikuti rapat konser Raisa tanpa pemberitahuan bahwa Khemod sebenarnya sedang diaudisi.

"Kami audisi orangnya (Khemod), dalam artian tukar ide. Kami ingin dia yang kasih masukan ke kami, biasanya kan kami yang kasih ide kemudian dikerjakan," kata Boim saat jumpa media di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).


Bukan hanya drummer Seringai, Khemod sendiri merupakan creative director dari rumah produksi Cerahati. Ia sudah memiliki pengalaman di bidang kreatif, salah satunya adalah video musik lagu Adrenalin Merusuh milik Seringai.

Khemod menjelaskan konser nanti akan menjadi kerja sama kali kedua dengan Raisa. Sebelumnya Seringai pernah mengajak pelantun Serba Salah itu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya kala membuka konser Metallica di GBK pada Agustus 2013 silam.

Saat rapat dengan tim konser Raisa, Khemod terlebih dahulu meminta dijelaskan dasar, esensi dan tujuan konser tersebut. Menurutnya hal itu sangat penting diketahui agar mudah untuk membuat konsep beserta turunannya.

"Yang coba gua sarikan adalah perjalanan Yaya (panggilan Raisa) dan harapan ke depan, salah satunya jadi penyanyi solo wanita pertama yang tampil di GBK. Dari kata harapan jadi benang merah, jadi turunan ke bawahnya," kata Khemod.

Ia menjelaskan konser akan dibagi menjadi tiga tahap. Pada setiap tahap Raisa direncanakan tampil berbeda dari beberapa aspek, kemudian lagu-lagu pada setiap tahap disesuaikan dengan perjalanan karier musik yang dimulai sejak 2010.
Drummer Seringai Akan 'Pimpin' Konser Raisa di GBKRaisa bakal menggelar konser tunggal di GBK, Jakarta, pada 27 Juni mendatang. (dok. YouTube/Raisa6690)
Dalam kesempatan yang sama, Raisa memberikan sedikit bocoran konsep konser Raisa LIVE in CONCERT. Ia mengaku sudah memilih lagu untuk setiap tahap namun tidak ingin menjelaskan secara rinci.

"Pemilihan lagu, konsep dan interaksi dengan penonton ada tiga bagian. Yaitu A, B, dan Rahasia. Yang C rahasia," kata Raisa sembari tertawa kecil.
Meski menjabat sebagai creative director Raisa LIVE in CONCERT, Khemod mengatakan tidak akan memaksakan sebuah ide. Ia akan memberikan ide dan konsep namun sesuai dengan karakter Raisa yang menurutnya perlu dipertahankan.

Lebih lanjut, Khemod mengaku ia sendiri belum pernah memegang konser besar di GBK. Pun begitu dengan Raisa, ia belum pernah konser di tempat sebesar GBK yang hanya pernah digunakan sebagai tenpat konser oleh Iwan Fals, Kantata Takwa dan Slank.

"Jadi tantangan buat kami bagaimana develop konser di stadion tapi sesuai dengan karakter Yaya. Misal tetap intim dengan lagu yang dibawa, berarti kami harus ngapain. Kami enggak mau suruh Raisa lakukan sesuatu yang bukan dia hanya karena konser di GBK," kata Khemod.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)