Terbawa Nostalgia di Konser 20 Tahun Bintang Lima Dewa 19

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 16/02/2020 11:46 WIB
Terbawa Nostalgia di Konser 20 Tahun Bintang Lima Dewa 19 Dewa 19 membuka rangkaian tur 20 Tahun Bintang Lima di Bandung, pada Sabtu (15/2). (Foto: CNN Indonesia/Huyogo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band Dewa 19 menggelar konser bertajuk 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 di Trans Convention Centre, Kota Bandung, pada Sabtu (15/2) malam. 

Membuka penampilan, Dewa 19 dengan formasi Ahmad Dhani, Once Mekel, Yuke Sampurna, Andra Junaidi, Agung Yudha Asmara dan Dul Jaelani, langsung menghentak lewat lagu Roman Picisan.

"Bandung, apa kabar? Senang banget bisa ketemu setelah sekian lama. Terima kasih sudah datang ke konser 20 Tahun Bintang Lima," kata Once Mekel (vokal) menyapa.


Sontak penonton bersorak riuh menyambut Dewa 19 naik ke atas panggung. Mengenakan jas hitam, Once tampil atraktif, begitu juga dengan personel lain.
Terbawa Nostalgia di Konser 20 Tahun Bintang Lima Dewa 19Penonton lintas batas dan usia di konser 20 Tahun Bintang Lima Tour dari Dewa 19 di Bandung, Sabtu (15/2). (Foto: CNN Indonesia/ Hugo)
Dua Sejoli menjadi lagu berikutnya yang dibawakan, disusul oleh Risalah Hati. Penonton yang sudah heboh ketika mendengar intro, langsung ikut bernyanyi. Nuansa nostalgia menyebar di udara.

Selepas lagu tersebut, Dewa 19 melantunkan Separuh Nafas. Once mengajak penonton terutama yang duduk di bagian VIP untuk berdiri dan bergoyang bersama. Di penghujung lagu, ia memperkenalkan para personel di atas panggung.

Lagu-lagu hit dari album Bintang Lima lainnya yang turut dibawakan yaitu Cemburu, Hidup Adalah Perjuangan, Lagu Cinta, Cinta Adalah Misteri, dan Sayap-Sayap Patah.

"Membanggakan malam ini bisa menyanyikan lagu-lagu yang dibuat dulu untuk menemani Anda. Malam ini bisa spesial buat kita semua, enggak ada yang muda dan tua. Terima kasih atas apresiasi dan semangatnya," kata Once.

Jika pada sesi pertama Dewa 19 sempat menyanyikan ulang lagu Now I'm Here milik Queen, di sesi kedua mereka menampilkan Radio Ga Ga di antara 11 lagu dalam album Bintang Lima. Penonton pun kembali bersemangat.

Iringan lagu 1000 Bintang kemudian menutup konser. Total, Dewa 19 membawakan sekitar 22 lagu.

Dewa 19 menggelar tur dalam rangka perayaan 20 tahun album Bintang Lima. Album tersebut pertama kali rilis pada tahun 2000 silam untuk memperkenalkan dua personel baru, yaitu Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros sebagai drummer.
Terbawa Nostalgia di Konser 20 Tahun Bintang Lima Dewa 19Konser Dewa 19 di Bandung, Sabtu (15/2) sekaligus menandai kembalinya Ahmad Dhani setelah sempat mendekam di bui. (Foto: CNN Indonesia/Huyogo)
Dewa 19 berubah nama jadi Dewa setelah Once dan Tyo bergabung. Mereka memutuskan membuat album, yang kemudian diberi tajuk Bintang Lima (2000). Kurang lebih album itu terjual sebanyak 1,7 juta kopi, penjualan paling banyak ketimbang karya Dewa lainnya

Konser semalam sekaligus menandai kembalinya Ahmad Dhani setelah vakum bermusik karena mendekam di penjara.

Setelah Bandung, konser Dewa 19 dalam rangkaian 20 Tahun Bintang Lima Tour berikutnya adalah Yogyakarta (22/2), Surabaya (14/3), Banjarmasin (21/3), Balikpapan (25/3) dan berakhir di Makassar (3/4). 

[Gambas:Video CNN] (hyg/rea)