Gang of Four Bakal Rilis EP Karya Terakhir Mendiang Gitaris

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 00:25 WIB
Gang of Four Bakal Rilis EP Karya Terakhir Mendiang Gitaris Gang of Four bakal merilis album mini berisi lagu-lagu terakhir yang digarap bersama Andy Gill sebelum sang gitaris meninggal dunia. (Frazer Harrison/Getty Images for HFA/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gang of Four bakal merilis album mini berisi lagu-lagu terakhir yang digarap bersama Andy Gill sebelum sang gitaris meninggal dunia.

Bertajuk This Heaven Gives Me Migraine, album mini tersebut akan resmi dilepas ke pasaran pada 26 Februari mendatang.

Istri Gill, Catherine Mayer, mengaku antusias menyambut perilisan karya terakhir mendiang suaminya tersebut.


"Dari rumah sakit, Andy terus memberikan masukan final terkait ramuan musik yang tak sabar ia rilis," ucap Mayer seperti dikutip NME.

Ia kemudian berkata, "Sejak kematiannya, saya terus bekerja sama dengan band untuk memenuhi visinya. Satu-satunya perubahan hanya memasukkan dua rekaman suara Andy ketika memberikan masukan dengan cara berbeda, esensi dari Andy."

Album mini ini mencakup lima nomor yang dibuka dan ditutup dengan potongan ocehan Gill. Sementara itu, tiga lainnya merupakan hasil aransemen ulang lagu-lagu Gang of Four sebelumnya, yaitu The Dying Rays, Natural's Not in It, dan Toreador.

Vokalis Gang of Four, John "Gaoler" Sterry, kemudian menjelaskan bahwa mereka sepakat untuk merilis album ini sesuai keinginan Gill sebelum meninggal pada 1 Februari lalu.

"Koleksi lagu ini direkam tepat sebelum Andy meninggal dan ia ingin lagu ini dirilis, untuk menjadi representasi cara kami memainkannya di tur akhir tahun lalu," ucap Sterry.

Melanjutkan pernyataannya, Sterry berkata, "Ketiga lagu ini direkam di studio di rumah Andy di London dan ada keintiman di EP ini, dari pemilihan lagu hingga cuplikan obrolan."

[Gambas:Video CNN]

Untuk membuka jalan bagi perilisan EP ini, Gang of Four melepas "The Dying Rays (2020)", versi terbaru dari lagu yang sebenarnya sudah ada di album What Happens Next (2015).

Pada rekaman awal, lagu itu dinyanyikan oleh Herbert Gronemeyer. Namun, versi terbaru The Dying Rays menampilkan suara Sterry.

"The Dying Rays (2020) adalah lagu indah yang benar-benar mengaburkan apa yang orang pikirkan tentang Gang of Four, yang sebenarnya cukup seperti Gang of Four. Liriknya terasa lebih tepat sekarang," kata Sterry. (has/has)