Usai Menang Oscar, Penonton Parasite di AS Naik 234 Persen

tim, CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 14:45 WIB
Tujuh hari setelah gelaran Oscar 2020, Parasite tercatat meraup untung hingga US$8,8 juta, hanya di AS. Film Parasite meraup sukses besar setelah menang sebagai Film Terbaik di Oscar 2020. (dok. CJ Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan Parasite di Oscar 2020 tidak hanya mencatat prestasi dan sejarah baru. Dari segi keuntungan film ini juga meningkat secara signifikan. Sepekan setelah memboyong predikat Film Terbaik, cerita garapan sutradara Bong Joon-ho itu kembali mengumpulkan pundi-pundi dari kejayaan di box office.

Sepanjang akhir pekan saja, film ini mendapat pemasukan sebesar US$5,5 juta. Angka tersebut itu mencatat peningkatan luar biasa, yakni sebesar 234 persen dari penjualan tiket dan juga merupakan peningkatan terbesar dalam satu dekade terakhir untuk pemenang Film Terbaik Oscar.

Dalam tujuh hari sejak Oscar 2020 yang digelar pada 9 Februari, Parasite telah menghasilkan US$8,8 juta. Secara total, hingga kini film bergenre thriller komedi itu sudah mengumpulkan US$44 juta di Amerika Serikat, hasil yang terbilang sangat besar untuk film berbahasa asing.


Tidak hanya di AS, Parasite juga mencapai lonjakan tajam di luar negeri dengan menambah pemasukan sebesar US$12,7 juta dan telah mengumpulkan US$161 juta untuk penjualan internasional. Pendapatan itu pada akhirnya mendorong Parasite mengumpulkan keseluruhan sekitar US$205 juta secara global.

Parasite menjadi film non-Inggris pertama dalam sejarah yang membawa pulang Academy Award untuk Film Terbaik. Dari enam nominasi Oscar, film itu juga memenangkan Skenario Film Asli, Sutradara dan Film Internasional Terbaik.

Meski telah banyak tersedia di layanan streaming, tetapi distributor Parasite di Amerika, Neon telah memperluas penayangan Parasite di 2.001 bioskop di Amerika Utara setelah musim penghargaan. Perluasan penayangan ini menjadi yang terbesar untuk film berbahasa asing sejak Kung Fu Hustle diputar di 2.503 bioskop pada 2004.

"Ini adalah kemenangan besar bagi Parasite," kata Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore, mengutip Variety.

"Contoh ini dapat mengesampingkan anggapan bahwa streaming dan layar lebar adalah musuh. Parasite bekerja dengan baik di video rumahan dan di bioskop. Kedua format dapat berhasil," tambahnya.

Pemenang Film Terbaik memang seringkali dapat memanfaatkan keunggulan di Oscar untuk kejayaan box office. Pemenang tahun lalu, Green Book mencatat peningkatan pendapatan sebesar 121 persen pada akhir pekan setelah kemenangannya. Drama perjalanan yang dibintangi Mahershala Ali dan Viggo Mortensen itu mengakhiri perjalanan di bioskop dengan mengumpulkan US$85 juta untuk Amerika Utara dan US$329 juta secara global.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)