Review Drama: Crash Landing on You

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 18:42 WIB
Review Drama: Crash Landing on You Review drama Crash Landing on You menilai ada banyak alasan kisah drama ini patut disebut indah, mulai dari cerita hingga lagu pengiring yang menguatkan emosi. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah lebih dari dua bulan tayang dan sukses mengaduk-aduk emosi penonton, kata "indah" menjadi penggambaran yang tepat atas drama Korea Crash Landing on You, mulai dari awal dimulai hingga kisah ini berakhir pada Minggu (16/2).

Ada banyak alasan mengapa kisah drama yang hit di Korea Selatan dan Indonesia ini patut disebut indah, mulai dari cerita yang matang digarap, ikatan emosi antar tokoh dan karakter yang kuat, sinematografi yang apik, hingga lagu pengiring yang menguatkan emosi di tiap momen dramanya.

Serangkaian hal itu menjadi alasan mengapa banyak penggemar drama ini begitu menantikan dua episode terbaru yang tayang tiap akhir pekan, baik di saluran televisi tvN atau pun di Netflix.


Crash Landing on You menceritakan kisah cinta Yoon Se-ri (Son Ye-jin), seorang pebisnis dan anak konglomerat Korea Selatan, dengan Kapten Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin) yang merupakan prajurit sekaligus anak petinggi militer Korea Utara.

Kisah cinta keduanya bukan hanya terhalang asal negara yang berbeda ideologi, tetapi ada banyak hal yang membuat cinta mereka nyaris mustahil bersatu.

Penggodokan cerita yang matang membuat Crash Landing on You mampu membuat penonton bertahan menanti episode terbaru untuk disaksikan.

Sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun mengajak penonton menyaksikan pertemuan awal Se-ri dan Kapten Ri yang epik, yaitu ketika Se-ri tersangkut di pohon di kawasan militer Korea Utara akibat badai saat paralayang.

Namun kisah itu sesungguhnya hanya puncak gunung es. Bak suratan takdir, kisah Crash Landing on You mengurai secara perlahan tali-tali keterikatan kedua karakter tersebut sebelum Se-ri 'mendarat' di pelukan Kapten Ri dari atas pohon.

Cara sutradara Lee dan penulis Park untuk mengurai 'takdir' Se-ri dan Kapten Ri itulah yang membuat penonton menahan rasa penasaran tiap pekan jelang episode terbaru tayang.

Dalam 16 episode, emosi penonton dibuat ambyar oleh Crash Landing on You. Banyak permasalahan yang mesti dihadapi Se-ri dan Kapten Ri selain dari keduanya berasal dari negara yang berbeda.

Review Drama: Crash Landing on YouReview drama Crash Landing on You menilai ada banyak alasan kisah drama ini patut disebut indah, mulai dari cerita hingga lagu pengiring yang menguatkan emosi. (dok. Netflix/tvN via HanCinema)

Mereka mesti menghadapi drama konflik keluarga kaya khas sinetron yang rumit berupa perebutan posisi dan kekuasaan hingga mendorong niat menyingkirkan anggota keluarga sendiri.

Belum lagi misteri pembunuhan di masa lalu yang memengaruhi hubungan Se-ri dan Kapten Ri hingga episode akhir. Misteri ini kemudian berhubungan dengan ragam permainan politik tingkat tinggi, baik di Korea Utara dan Korea Selatan.

Kendati demikian, sutradara dan penulis selalu memadukan permasalahan kompleks tersebut dengan banyak humor segar di tiap episode melalui interaksi pemain pendukung yang patut diacungi jempol.

Kombinasi cerita itu membuat sensasi menyaksikan Crash Landing on You bak naik wahana roller coaster. Tak jarang penonton tertawa terbahak-bahak melihat humor dari pemeran pendukung usai menguras air mata dan emosi atas drama cinta Se-ri dan Kapten Ri.

Para pemain pendukung seperti geng ibu desa militer Korea Utara dan para anak buah Kapten Ri jadi sejumlah faktor penyegar dan penyemangat menantikan Crash Landing on You.

Jang Hye-jin dan Park Myoung-hoon yang sebelumnya tampil dalam Parasite juga menampilkan akting yang segar dalam drama ini. Jang Hye-jin berperan sebagai ibu dari Seo-dan, dan Park Myoung-hoon menjadi paman dari Seo-dan.

Keberadaan para pemain pendukung yang baik dan dengan porsi yang pas membuat nilai lebih sendiri bagi Crash Landing on You. Kisah second lead yang dimainkan oleh Seo Ji-hye sebagai Seo-dan dan Kim Jung-hyun sebagai Gu Seung-joon juga jadi pemikat drama ini.

Beberapa artis ternama seperti Kim Soo-hyun (Secretly Greatly) serta Choi Ji-woo (Stairway to Heaven) tampil sebagai kameo dan menambahkan bumbu humor dalam Crash Landing On You.

Selain cerita yang kuat dan akting para pemain yang baik, Crash Landing On You juga memiliki visual yang amat indah. Visual ini bukan hanya dari pemandangan latar lokasi di Swiss, Mongolia, dan Korea yang memanjakan mata, tetapi juga gaya sinematografi dalam membungkus aksi laga Kapten Ri yang konsisten hingga akhir.

Keindahan itu ditambah dengan alunan lagu pengiring yang tepat dari musisi kawakan di dunia drama Korea, seperti 10cm, Yoon Mi-rae, Crush, hingga IU, yang membuat emosi makin ambyar kala menyaksikan Crash Landing On You.

Meski indah, Crash Landing on You tetaplah sebuah drama fiksi. Hal ini terlihat dari sejumlah adegan di beberapa episode yang nyata merupakan fantasi dan sulit terjadi di dunia riil.

Review Drama: Crash Landing on YouPara pemain pendukung seperti geng ibu desa militer Korea Utara dan para anak buah Kapten Ri jadi sejumlah faktor penyegar dan penyemangat menantikan Crash Landing on You. (dok. Netflix/tvN via HanCinema)

Tapi imaji dari drama ini nyatanya tetap membuat penonton setia menunggu episode terbaru. Hal itu yang kemudian membuat rating Crash Landing on You memuncak di tiap episodenya.

Hingga pada episode terakhir, Crash Landing On You berhasil melewati capaian drama Korea Goblin yang menjadi drama dengan rating tertinggi di saluran televisi tvN.

Salah satu hal yang patut diacungi jempol adalah cara sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun membungkus Crash Landing On You dengan baik, indah, dan tuntas di episode 16.

Hal itu membuat Crash Landing On You kini menjadi drama rating tertinggi di sepanjang sejarah tvN. Crash Landing On You resmi tamat pada Minggu (16/2) dan masih bisa disaksikan di Netflix. Drama itu akan digantikan dengan Hi Bye Mama yang mulai tayang pada 22 Februari.

[Gambas:Youtube]


(end)