Sonic the Hedgehog, Film Adaptasi Gim dengan Debut Tertinggi

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 19:33 WIB
Sonic the Hedgehog, Film Adaptasi Gim dengan Debut Tertinggi Sonic the Hedgehog resmi menjadi film adaptasi video gim dengan pendapatan debut terbesar sepanjang sejarah. (dok. Paramount Pictures/YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sonic the Hedgehog resmi menjadi film adaptasi video gim dengan pendapatan debut terbesar sepanjang sejarah.

Variety melaporkan bahwa Sonic the Hedgehog membuka pekan debutnya dengan pendapatan US$57 juta di Amerika Utara dan US$100 juta secara global.

Capaian ini disebut-sebut tak lepas dari upaya tim produksi dan sutradara Jeff Fowler memperbaiki desain Sonic usai mendapat protes keras dari penggemar di trailer perdananya.


Film yang menelan biaya sebesar US$87 juta itu akhirnya ditunda selama tiga bulan agar para pembuat film memiliki waktu cukup untuk mendesain ulang karakter.

Upaya itu berbuah manis. Tak hanya dari segi angka pendapatan, film ini juga memperoleh rating yang cukup baik dari penonton. Setidaknya, Sonic the Hedgehog mendapat nilai A di situs Cinemascore dan 7/10 di IMDb.

Sonic the Hedgehog mengisahkan Sonic (Ben Schwartz) yang masuk ke dunia manusia karena merasa terancam di dunianya. Sonic memiliki kekuatan berlari cepat dan banyak pihak yang ingin mencuri kekuatan itu.

Alih-alih aman, ia malah memiliki musuh baru di dunia manusia. Dia adalah Dr. Ivo Robotnik (Jim Carrey) yang terobsesi dengan kekuatan Sonic.

"Konsumen selalu menentukan apa yang benar dan apa yang salah. Mereka membuat suara mereka jelas, dan kami mendengarkan," kata Chris Aronson selaku Presiden Distribusi Domestik Paramount.

"Film ini melebihi harapan [penonton]. Itu adalah bukti dari penampilan yang luar biasa dan memukau dari Jim Carrey serta seluruh pemain."

[Gambas:Youtube]

Setelah serangkaian kegagalan keuangan pada 2019 karena "Gemini Man" dan "Terminator: Dark Fate", penghasilan box office Sonic ini merupakan kemenangan yang dinanti Paramount.

Studio ini pun diperkirakan bisa menjalani tahun yang kuat di bioskop jika sekuel "Top Gun" dan "A Quiet Place" juga sukses.

Tidak hanya membuat debut besar bagi adaptasi video gim, Sonic juga sukses merajai box office dengan menggeser Birds of Prey.

[Gambas:Video CNN]

Setelah debut mengecewakan yang hanya menerima US$33 juta, petualangan karakter Harley Quinn kali ini menduduki posisi kedua dengan US$17,1 juta selama akhir pekan keduanya. Penjualan tiket film tersebut menurun drastis sebesar 48 persen.

Sementara itu, sejumlah film dibuka bersamaan dengan "Sonic" selama akhir pekan ini, termasuk drama percintaan "The Photograph", film thriller "Fantasy Island", dan remake "Downhill".

Meskipun ulasan mengerikan dan reaksi audiens yang lemah, "Fantasy Island" menghasilkan US$12,4 juta - membuatnya menempati urutan ketiga. (agn/has)