Box Office Korea Pekan Ini, Honest Candidate

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 06:06 WIB
Box Office Korea Pekan Ini, Honest Candidate Film-film lokal kembali menguasai box office Korea Selatan pada pekan kedua Februari 2020, salah satunya Honest Candidate. (Dok. Courtesy of Hong Film)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film-film lokal kembali menguasai box office Korea Selatan pada pekan kedua Februari 2020. Menariknya, film Parasite yang tayang perdana pada 30 Mei 2019 ini kembali masuk daftar lima besar usai kemenangan besar di Oscar 2020.

Berdasarkan Dewan Perfilman Korea, salah satu pemenang Oscar, Little Women, menjadi satu-satunya film Hollywood yang masuk lima besar daftar box office Korea pekan ini.

5. Parasite


Pasca kemenangan besar dalam Oscar 2020, Parasite kembali masuk dalam lima besar box office Korea Selatan pekan ini.

Film yang kembali tayang ini menjual lebih dari 129 ribu tiket di 180 layar atau setara dengan US$730 ribu. Angka itu menambah penghasilan Parasite di Korea menjadi US$72,9 juta atau setara dengan penjualan lebih dari 10 juta tiket.

Parasite menceritakan kesenjangan sosial yang dialami beberapa keluarga, seperti Keluarga Park dan Keluarga Kim. Seluruh anggota keluarga Kim merupakan pengangguran yang menggantungkan nasib hanya dari hasil melipat kotak pizza.

Hingga pada suatu hari, salah satu rekan anak keluarga Kim, Min-hyuk, menawarkan pekerjaan kepada Ki-woo (anak tertua keluarga Kim) menjadi guru Bahasa Inggris di rumah keluarga kaya Tuan Park.

Pekerjaan itu menjadi pintu bagi seluruh anggota keluarga Kim masuk ke rumah Keluarga Park. Sinopsis Parasite bisa dibaca di sini. Review Parasite bisa dibaca di sini.

[Gambas:Youtube]

4. The Man Standing Next

The Man Standing Next harus kembali turun peringkat pada pekan ini. Film thriller tema politik ini mengadaptasi kisah pembunuhan Jenderal Park Chung-hee pada 1979.

Kisah bermula ketika Korea sepenuhnya dalam kontrol Presiden Park pada 1970-an. Kepala Badan Intelijen Korea (KCIA) Kim Gyu-pyeong berada di posisi kedua tertinggi kepemimpinan Korea.

Ketegangan politik meningkat menyebabkan Kim Gyu-pyeong membunuh Presiden Park. Film yang diperkirakan tayang pada Januari 2020 ini dibintangi Lee Byung-hun, Lee Sung-min, Kwak Do-won, Lee Hee-jon dan Kim So-jin.

Pada pekan kedua Februari 2020, The Man Standing Next menjual 142 ribu tiket di 786 layar atau setara dengan US$1,01 juta. Angka itu menambah penjualan film itu menjadi 4,7 juta tiket atau setara dengan US$34 juta sejak tayang pada 22 Januari 2020.

[Gambas:Youtube]

3. Little Women

Little Women bercerita tentang empat perempuan bersaudara dalam menentukan jalan hidupnya masing-masing. Mereka adalah Josephine Marh (Saoirse Ronan), Margaret March (Emma Watson), Amy March (Florence Pugh) dan Elizabeth March (Eliza Scanlen).

Little Women berlatar waktu tahun 1868 dan berlatar tempat di New York. Film ini diadaptasi dari novel bertajuk sama karya Louisa May Alcott. Review Little Women bisa dibaca di sini.

Sejak tayang 12 Februari, film yang memenangkan penghargaan kostum terbaik dalam Oscar 2020 ini menjual lebih dari 463 ribu tiket di 1.099 layar atau setara dengan US$3,3 juta.

[Gambas:Youtube]

2. The Closet

The Closet merupakan film horor pertama yang dibintangi Ha Jung-woo (Along with the Gods). Ia berperan sebagai Sang-won, seorang ayah yang sedang berusaha memperbaiki hubungan dengan anaknya, Ina, pasca kematian istrinya.

Namun, pekerjaan membuat Sang-won makin jauh dengan putri semata wayangnya. Ina perlahan mulai menunjukkan perilaku aneh. Hingga suatu hari, Ina menghilang tanpa jejak dari belakang lemari.

The Closet merupakan film yang disutradarai Kim Kwang-bin dan juga akan dibintangi Kim Nam-gil yang sebelumnya dikenal lewat film Memoir of a Murderer dan drama The Fiery Priest.

Dalam pekan kedua penayangan, The Closet telah menjual lebih dari 463 ribu tiket di 1.112 layar atau setara dengan US$3,3 juta. Sejak tayang pada 5 Februari 2020, film ini sudah menjual sekitar 1,1 juta tiket yang nilainya setara dengan US$8,4 juta.

[Gambas:Youtube]

1. Honest Candidate

Honest Candidate merupakan film politik komedi yang mengisahkan seorang politikus terkutuk yang hanya bisa berkata-kata jujur jelang pemilihan umum.

Film yang dibintangi Ra Mi-ran (Melting Me Softly, Come Back Mister, dan Reply 1988) ini merupakan remake dari film Brasil bertajuk O Candidato Honesto (2014).

Ra Mi-ran akan berperan sebagai Sang-sook, politisi yang berjuang untuk kembali masuk ke parlemen untuk keempat kalinya. Ia selama ini berhasil masuk karena memikat perhatian publik lewat kata-kata manis.

Hingga suatu hari, Sang-sook mengunjungi neneknya yang tinggal di rumah terpencil. Perdebatan sempat terjadi di antara mereka. Dalam sekejap, Sang-sook menyadari ia tak bisa berbohong lagi.

Menariknya, hal itu terjadi tepat ketika kampanye pemilihan. Sang-sook pun hanya bisa berkata jujur dan mengungkapkan banyak hal yang seharusnya tak disampaikan kepada warga bahkan seluruh dunia.

Sejak tayang 12 Februari, Honest Candidate telah menjual lebih dari 908 ribut tiket di 1.179 layar atau setara dengan US$6,4 juta.

[Gambas:Youtube]


(chri/end)