Ulang Tahun Ke-25, Foo Fighters Gelar Tur Tapak Tilas

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 07:02 WIB
Ulang Tahun Ke-25, Foo Fighters Gelar Tur Tapak Tilas Foo Fighters merayakan ulang tahun band ke-25 dengan menggelar tur melalui rute yang sama ketika mereka pertama kali menggelar rangkaian konser pada 1995. (Dok. Hayley Madden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Foo Fighters merayakan ulang tahun band ke-25 dengan menggelar tur melalui rute yang sama ketika mereka pertama kali menggelar rangkaian konser pada 1995.

"Selamat: Anda tua! Kalian sudah menyaksikan konser Foo Fighters selama 25 tahun sekarang! Ayo bergabung bersama band ini untuk merayakan ulang tahun perak di kota yang sama di mana penampilan perdana Foo Fighters digelar pada 1995," demikian pengumuman band itu seperti dikutip Variety.

Tur bertajuk The Van Tour ini akan dibuka dengan penampilan di Phoenix, Arizona, pada 12 April dan ditutup di Hamilton, Ontario, tanggal 20 Mei mendatang.


Di tiap pertunjukan, para penggemar akan menyaksikan film dokumenter terbaru karya sang pentolan, Dave Grohl, yang berjudul What Drives Us.

Menurut para anggota band, film itu mengisahkan "orang-orang yang meninggalkan pekerjaan, keluarga, hubungan, dan segala jenis hal biasa lainnya untuk bermain musik."

What Drives Us juga akan menampilkan wawancara dengan band lainnya yang pernah melakukan tur serupa, mulai dari Black Flag, Dead Kennedys, Metallica, hingga The Beatles.

Grohl bersama formasi awal Foo Fighters, yaitu bassist Nate Mendel, dan gitaris Pat Smear, menggelar tur pertama mereka pada 1995 menggunakan sebuah mobil van keluaran Dodge.

Di tahun itu, Foo Fighters merilis album pertama mereka yang kemudian meraih platinum. Dua dekade berselang, kini formasi mereka diperkuat oleh drummer Taylor Hawkins, gitaris Chris Shiflett, dan kibordis Rami Jaffee. (gid/has)