FOTO: Memuja Dewa Siwa dalam Festival Maha Shivaratri

AFP PHOTO, AP PHOTO, CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 12:38 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di Maha Shivaratri, para pemeluk Hindu melantunkan doa-doa dan menjalankan puasa sebagai bentuk pemujaan. Shivaratri bisa diartikan sebagai Malam Dewa Siwa.

Para peserta festival serta dalam prosesi yang menandai dimulainya Maha Shivaratri di Prayagraj, India, pada Jumat (21/2). Shivaratri bisa diartikan sebagai Malam Siwa, di mana pemujaan dinaikkan untuk Dewa Siwa. (AP Photo/ Rajesh Kumar Singh)
Sadhu, atau orang suci dalam agama Hindu, memakai topeng Dewa Hanoman dan meminta sedekah dalam perayaan Maha Shivaratri di Kuil Pashupatinath di Kathmandu. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Sebagai bentuk perayaan, para peserta menyerukan doa-doa, menjalankan puasa dan melakukan sejumlah hal lain sebagai bentuk kepatuhan terhadap Dewa Siwa.  (AP Photo/ Rajesh Kumar Singh)
Menurut kepercayaan, mudah untuk menyenangkan hati Dewa Siwa. Para pengikutnya biasa memberi daun woodapple, air dingin, atau susu. (AP Photo/ Rajesh Kumar Singh)
Para pemeluk agama Hindu terlihat mengangkat susu yang diletakkan dalam wadah-wadah, yang akan disajikan untuk Dewa Siwa. (Photo by Arun SANKAR / AFP)
Tak jarang, mereka melakukan sejumlah aksi mencekam, seperti menusuk pipi dengan batang logam. (Photo by Arun SANKAR / AFP)
Tak sedikit pengikut yang berdandan bak Dewa Siwa, seperti pria ini yang tak lupa mengalungkan ular di bahu dan membawa pipa. (AP Photo/Channi Anand)
Sebagai bagian dari ritual, para pemeluk agama Hindu mandi di Sangam, tempat pertemuan sungai Gangga, Yamuna, dan sungai Saraswati yang dikenal mistis. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Seorang suci terlihat berdoa di shivling, representasi Dewa Siwa dalam festival Maha Shivaratri di India. (AP Photo/Mahesh Kumar A)