Akui Jadi Fan, Suga BTS Malu Dipuji Sutradara Parasite

tim, CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 17:03 WIB
Disebut jauh lebih berpengaruh, BTS malu-malu menerima pujian dari sutradara film Parasite. Suga pun mengaku dirinya telah menonton seluruh karya Bong Joon-ho. Baik BTS maupun sutradara film Parasite, Bong Joon-ho sama-sama tercatat sebagai figur berpengaruh di industri hiburan Korea. (Foto: Courtesy of Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- BTS mengaku merasa tersanjung dan malu ketika mendapat pujian yang disampaikan oleh sutradara film Parasite, Bong Joon-ho di ajang Golden Globe 2020. Saat itu, Bong Joon-ho mengatakan BTS memberikan pengaruh 3.000 kali lebih banyak untuk dunia internasional dibandingkan dirinya dan karyanya.

"Saya yakin beliau menjawab itu dalam konteks budaya Korea. Saya rasa itu pujian yang luar biasa. Saya malu karena saya tak yakin kami memiliki pengaruh sebesar itu," kata Suga, Senin (24/2) siang waktu Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, ia mengklaim dirinya sebagai penggemar yang telah menonton semua karya Bong Joon-ho, termasuk Parasite. Suga mengaku amat menikmati karya yang dinobatkan sebagai film terbaik dan membawa pulang empat piala Oscar, baru-baru ini. 


Sama seperti Bong Joon-ho, Suga berharap banyak orang di luar sana dapat mengetahui budaya Korea Selatan di masa mendatang.

"Saya berterima kasih sutradara Bong Joon-ho menyebut budaya Korea itu dinamis. Saya harap banyak seniman, artis Korea yang bisa dikenal di luar negeri," katanya.

Hal tersebut disampaikan Suga dalam konferensi resmi terkait album terbaru Map of the Soul: 7, yang dirilis pada 21 Februari. Awalnya, konferensi akan dilakukan bersama sejumlah media lokal dan internasional beserta fan yang kerap disapa ARMY.

Namun, acara tersebut jadinya digelar tertutup tanpa media dan fan untuk mencegah penyebaran wabah virus corona, sesuai imbauan pemerintah Korea Selatan.

Baik Bong Joon-ho maupun BTS pernah masuk daftar 20 besar tokoh berpengaruh dalam industri hiburan Korea Selatan. Hal itu didapat dari hasil survei kantor berita Ilgan Sports dalam rangka memperingati hari jadi ke-50 pada September 2019.
Bong Joon-ho, sutradara film Parasite, mengutarakan kekaguman terhadap BTS. (Foto: Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Survei dilakukan kepada 100 orang yang aktif menjadi pelaku industri hiburan Korea mulai dari sutradara produksi, produser, perwakilan agensi serta perusahaan produksi.

Hasil survei tersebut menunjukkan Bong Joon-ho menjadi nomor satu yang paling berpengaruh dengan mengantongi 46 poin. Sementara itu, BTS persis berada di belakangnya dengan 40 poin.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK