Wabah Corona, Acara Korean Music Awards 2020 Dibatalkan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 06:29 WIB
Wabah Corona, Acara Korean Music Awards 2020 Dibatalkan Ilustrasi wabah virus corona di Korea Selatan. Seiring Korea Selatan yang siaga wabah virus corona, acara Korean Music Awards 2020 dibatalkan dan diganti dengan pengumuman secara online. (Im Hwa-young/Yonhap via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara penghargaan Korean Music Awards 2020 diumumkan dibatalkan dan diganti dengan pengumuman pemenang kategori ajang itu secara online, seiring dengan Korea Selatan yang siaga satu terkait wabah virus corona.

Pada Senin (24/2) malam, pihak penyelenggara mengatakan dalam pernyataannya bahwa sebagai respons atas kekhawatiran dan risiko terkait novel coronavirus atau Covid-19, mereka mencoba mencari langkah alternatif untuk mengadakan acara tersebut.

"Namun, dengan tingkat siaga krisis naik ke tingkat tertinggi dan semua orang mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran virus, kami memutuskan akan sulit untuk mengadakan upacara penyerahan," kata pernyataan pihak penyelenggara.


Atas pertimbangan tersebut, pihak penyelenggara kemudian memutuskan membatalkan acara puncak Korean Music Awards 2020 dan meminta pengertian para penggemar musik K-Pop atas keputusan mendahulukan keamanan dan kesehatan seluruh pihak.

"Meskipun upacara dibatalkan, penggemar akan dapat melihat daftar lengkap pemenang di laman Korean Music Awards 2020 pada 27 Februari siang waktu Korea Selatan," kata pihak penyelenggara, dikutip dari Newsen via Naver.

Sebelumnya dalam pengumuman Korean Music Awards 2020 pada Januari lalu, Bangtan Boys alias BTS kembali masuk daftar utama nominasi. BTS masuk nominasi Song of the Year, Artist of the Year, serta Best Pop Song.

Hal tersebut sudah terjadi sejak tahun lalu. Pada 2019, BTS masuk nominasi Musician of the Year. Mereka juga menjadi nominasi Song of the Year dan Best Pop Song lewat lagu Fake Love.

Pada Korean Music Awards 2020, BTS kembali masuk daftar utama nominasi lewat lagu Boy With Luv bersama Halsey yang dirilis pada 12 April 2019.

Korean Music Awards merupakan salah satu ajang penghargaan musik bergengsi Korea yang diselenggarakan untuk mengapresiasi musisi dari segala genre. Korean Music Awards kerap disebut Grammys versi Korea karena sistem penilaian sepenuhnya berdasarkan panelis.

Korean Music Awards 2020 akan diselenggarakan pada 27 Februari di Guro Arts Valley Theater. Daftar lengkap nominasi Korean Music Awards 2020 bisa dilihat di sini. (end)