Harvey Weinstein Diputus Bersalah, Aktris Hollywood Berpesta

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 12:29 WIB
Aktris Hollywood seperti Ashley Judd, Reese Witherspoon, sampai Eva Longoria mengungkapkan kegembiraan atas vonis bersalah yang diterima Harvey Weinstein. Vonis bersalah yang dijatuhkan kepada produser Harvey Weinstein disambut gembira oleh para aktris Hollywood. (Foto: Angela Weiss / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produser Hollywood tersohor Harvey Weinstein dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan. Putusan tersebut disambut meriah oleh korban dan sejumlah selebritis Hollywood, salah satunya ialah Ashley Judd.

Ashley Judd merupakan pemain film trilogi Divergent, Olympus Has Fallen, Tooth Fairy. Ia juga termasuk salah satu aktris yang melawan Harvey Weinstein.
"Untuk wanita yang bersaksi dalam kasus ini dan harus melewati trauma seperti di neraka, Anda melakukan yang terbaik bagi para perempuan. Terima kasih," cuit Ashley Judd.




Bintang Legally Blonde dan The Morning Show, Reese Witherspoon, turut berbahagia atas putusan tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan sebuah kemenangan bersejarah.

"Kemenangan bersejarah dalam persidangan Weinstein adalah bukti keberanian dari para #SilenceBreaker. Kemenangan bagi para pejuang di mana pun. Ini tahap awal," tulis Reese Witherspoon.



Bintang Harley Quinn: Birds of Prey, Rosie Perez, turut bersuara. Ia merupakan teman dekat dari salah satu korban, Annabella Sciorra. Perez mengatakan sudah selayaknya Weinstein diborgol dan dijebloskan ke penjara. Ia juga mengaku takjub dan terus mendukung Sciorra yang berani mengungkapkan fakta.
Sebelumnya, Annabella Sciorra mengatakan diperkosa Weinstein di apartemen aktris film True Love itu di New York, pada musim dingin 1993-1994.

"Saya memberikan selamat kepadanya [Sciorra] dan semua orang yang telah berani bersuara. Ini kemenangan besar," cuit Rosie Perez.



Dukungan atas putusan tersebut juga diberikan aktris Pitch Perfect dan The Hunger Games Elizabeth Banks. Ia menyatakan selalu mendukung para korban yang akhirnya berani mengungkapkan kelakuan Harvey Weinstein. Menurutnya, keberanian itu takkan berakhir sia-sia.
Harvey Weinstein Diputus Bersalah, Aktris Hollywood BerpestaHarvey Weinstein dituduh melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan oleh 80 wanita lebih. (Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Senada, pemain Desperate Housewives, Eva Longoria, menuturkan keberanian para korban amat berperan di balik putusan bersalah Harvey Weinstein.

"Vonis bersalah hari ini bukti keberanian dan ketangguhan #SilenceBreakers dan kemenangan bagi para korban. Ini permulaan," kata Longoria.



Sebelumnya, tujuh juri pria dan lima juri wanita memutuskan Weinstein bersalah dalam aksi kriminal seksual tingkat pertama dan pemerkosaan tingkat tiga.

Meski begitu, produser 67 tahun tersebut tidak dinyatakan bersalah dalam tuduhan perilaku predator seksual dan pemerkosaan tingkat pertama yang memungkinkan ia divonis penjara seumur hidup.
Keputusan ini menjadi salah satu momen penting setelah Bill Cosby dinyatakan bersalah pada 2018 lalu atas kasus narkoba dan melakukan kekerasan seksual terhadap seorang wanita, 15 tahun lalu.

Putusan untuk Weinstein ini diumumkan di ruang sidang Kejaksaan New York yang dihadiri sekitar 100 orang. Weinstein yang datang dengan alat bantu jalan, dilindungi dari pandangan publik oleh polisi.

Lebih dari 80 wanita telah menuduh Harvey Weinstein melakukan pelecehan seksual sejak tudingan yang menghasilkan gerakan #MeToo merebak di Hollywood pada Oktober 2017 silam.

Namun pihak juri mempertimbangkan hanya pada dua kasus, yaitu dari mantan aktris Jessica Mann dan mantan asisten produser Mimi Haleyi, dengan alasan banyak klaim terlalu lama untuk dituntut.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)