Box Office Korea Pekan Ini, Honest Candidate

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 17:40 WIB
Box Office Korea Pekan Ini, Honest Candidate Honest Candidate, salah satu karya lokal yang cukup berjaya di kelesuan industri film Korea akibat virus corona. (dok. Courtesy of Hong Film)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada pekan ketiga Februari, jumlah penonton bioskop Korea Selatan turun drastis akibat penyebaran virus corona. Jika biasanya satu film bisa mendapatkan sekitar 800 ribu hingga 1 juta penonton dalam satu pekan, kali ini satu film hanya mendapatkan paling banyak 400 ribu penonton.

Kendati demikian, berdasarkan Dewan Perfilman Korea, film lokal seperti Honest Candidate masih menguasai box office Korea Selatan pekan ini.

5. The Closet


The Closet harus turun tiga peringkat pada pekan ini dengan penjualan lebih dari 105 ribu tiket di 708 layar. Penjualan itu setara dengan US$721 ribu.

The Closet merupakan film horor pertama yang dibintangi Ha Jung-woo (Along with the Gods). Ia berperan sebagai Sang-won, seorang ayah yang sedang berusaha memperbaiki hubungan dengan anaknya, Ina, pasca kematian sang istri.

Namun, pekerjaan justru menjauhkan Sang-won dari putri semata wayangnya. Ina perlahan mulai menunjukkan perilaku aneh. Hingga suatu hari, Ina menghilang tanpa jejak dari belakang lemari.

The Closet merupakan film yang disutradarai Kim Kwang-bin dan juga akan dibintangi Kim Nam-gil yang sebelumnya dikenal lewat film Memoir of a Murderer dan drama The Fiery Priest.

[Gambas:Youtube]

4. Little Women

Little Women harus turun satu peringkat dibandingkan pekan lalu. Pada pekan ini, film yang dibintangi Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, dan Eliza Scanlen itu ditonton 245 ribu orang di 1.000 layar atau setara dengan US$1,6 juta.

Little Women bercerita tentang empat perempuan bersaudara dalam penentuan jalan hidup masing-masing. Mereka adalah Josephine Marh (Saoirse Ronan), Margaret March (Emma Watson), Amy March (Florence Pugh) dan Elizabeth March (Eliza Scanlen).

Little Women berlatar waktu tahun 1868 dan berlatar tempat di New York. Film ini diadaptasi dari novel bertajuk sama karya Louisa May Alcott. Review Little Women bisa dibaca di sini.

[Gambas:Youtube]

3. 1917

1917, salah satu film pemenang Oscar 2020 akhirnya tayang di Korea Selatan. Pada pekan pertama penayangan, film itu menjual 282 ribu tiket di 928 layar atau setara dengan US$2,1 juta.

1917 menceritakan dua tentara muda Inggris, Schofield dan Blake, diberi tugas nyaris mustahil saat Perang Dunia I, yakni melintasi wilayah musuh untuk menyampaikan pesan menghentikan serangan.

Peringatan diberikan dengan harapan bisa mencegah kematian sekitar 1.600 tentara, salah satunya adik Blake. Schofield dan Blake harus melalui banyak rintangan untuk menyelesaikan misi dan selamat dari perang. Review 1917 bisa dibaca di sini.

[Gambas:Youtube]

2. Beasts Clawing at Straws

Beasts Clawing at Straws menceritakan keinginan sekelompok pekerja kalangan bawah untuk menguasai sekantong besar uang. Kisah ini menceritakan Joong-man (Bae Sung-woo) yang bekerja di pemandian umum. Ia yang tinggal bersama ibu penderita Alzheimer harus menghadapi kesulitan baru tiap hari. Suatu saat, ia menemukan sebuah tas berisikan uang. Ia memutuskan untuk mengambil uang tersebut.

Tas itu kemudian mempertemukan Joong-man dengan Tae-young (Jung Woo-sung). Tae-young merupakan petugas imigrasi yang meminjam uang dari rentenir demi usaha kekasihnya, Yeon-hee (Jeon Do-yeon). Setelah membuka usaha, Yeon-hee menghilang.

Film yang memenangkan Tiger Competition Special Jury Award di International Film Festival Rotterdam 2020 ini menjual lebih dari 369 ribu tiket di 991 layar atau setara dengan US$2,6 juta pada pekan debut.

[Gambas:Youtube]

1. Honest Candidate

Honest Candidate berhasil mempertahankan posisi puncak sejak pekan lalu. Film hasil remake film Brasil, O Candidato Honesto, ini menjual lebih dari 438 ribu tiket di 1.172 layar atau setara dengan US$3 juta.

Honest Candidate merupakan film politik komedi yang mengisahkan seorang politikus yang dikutuk selalu berkata jujur. Ra Mi-ran berperan sebagai Sang-sook, politisi yang berjuang untuk kembali masuk ke parlemen untuk keempat kalinya. Ia selama ini berhasil jadi anggota parlemen karena memikat perhatian publik lewat kata-kata manis.

Hingga suatu hari, Sang-sook mengunjungi neneknya yang tinggal di rumah terpencil. Perdebatan sempat terjadi di antara mereka. Dalam sekejap, Sang-sook menyadari ia tak bisa berbohong lagi.

Menariknya, hal itu terjadi tepat ketika kampanye pemilihan. Sang-sook pun hanya bisa berkata jujur dan mengungkapkan banyak hal yang seharusnya tak disampaikan kepada warga, bahkan seluruh dunia.

[Gambas:Youtube] (chri/rea)