Cegah Corona, Masa Wajib Militer Woo-young 2PM Dipercepat

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 19:25 WIB
Cegah Corona, Masa Wajib Militer Woo-young 2PM Dipercepat Woo-young menyelesaikan masa wamil lebih cepat. Pemerintah Korea tak ingin ada penyebaran virus corona di antara anggota militer. (Foto: dok. JYP Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Woo-young 2PM resmi keluar wajib militer lebih awal dari yang dijadwalkan sebagai bentuk kebijakan militer Korea dalam pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19). Hal tersebut dikonfirmasi JYP Entertainment selaku agensi.

"Woo-young sedang dalam ETS leave (libur yang diberikan jelang masa wamil berakhir) ketika hal tersebut diputuskan. Woo-young selesai lebih awal daripada kembali ke pusat wajib militer," tulis JYP Entertainment pada Selasa (25/2).

Awalnya, Woo-young direncanakan menyelesaikan wajib militer pada 28 Februari. Namun, Kementerian Pertahanan memiliki kebijakan baru untuk mencegah penyebaran wabah virus corona di antara anggota militer. Pemerintah telah memperketat arus keluar masuk serta kunjungan para prajurit militer.


Sehingga, prajurit yang sedang menggunakan ETS leave dinyatakan selesai lebih awal dan tidak diminta kembali ke pusat militer. Woo-young menjadi salah satu prajurit yang merasakan penerapan kebijakan tersebut.

Penyanyi bernama asli Jang Woo-young mengawali wajib militer sebagai prajurit aktif pada September 2018. Ia ditugaskan dalam Divisi 21 di Yanggu, Provinsi Gangwon.

Sementara itu, Korea Selatan saat ini sudah dalam tahap siaga virus corona. Jumlah korban terinfeksi meningkat pesat pada akhir pekan lalu. Hingga kini, sekitar 977 orang dilaporkan telah terinfeksi dan 11 orang meninggal dunia.

Sebelumnya, Presiden Moon Jae-in meminta semua warga Korea Selatan bisa menahan diri untuk mengunjungi tempat-tempat yang akan dikunjungi banyak orang. Permintaan tersebut telah dilakukan sejumlah pelaku industri hiburan Korea Selatan. Menurutnya, 7-10 hari sejak Minggu (23/2) merupakan momen penting dan kritis untuk mencegah penyebaran virus makin masif.

Sejak Januari, banyak artis dan musisi yang sudah menunda bahkan membatalkan konser, festival musik, dan jumpa fan demi mencegah penyebaran virus corona. Perilisan album terbaru dilakukan tanpa penonton dan media.
Imbauan pemerintah tersebut tampak diikuti warga Korea Selatan dengan baik. Hal itu terlihat dari penurunan drastis jumlah pengunjung bioskop.

Berdasarkan data Dewan Perfilman Korea, Beasts Clawing at Straws menjadi film yang paling banyak ditonton dengan penjualan 223 ribu tiket dalam periode 21-23 Februari. Dibandingkan pekan sebelumnya, yakni pada 14-16 Februari, Honest Candidate berada di posisi pertama dengan 676 ribu penonton.

Jumlah penonton tersebut bahkan hanya 10 persen dari peraihan The Man Standing Next dalam periode yang sama pada bulan sebelumnya. Film tersebut mendapatkan 2 juta penonton dalam pekan debut.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)