Virus Corona 'Serang' Bioskop-bioskop di Italia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 20:35 WIB
Industri hiburan Italia menelan pil pahit dengan penutupan bioskop dan penundaan rilis film akibat penyebaran virus corona sejak pekan lalu. Ilustrasi bioskop di Italia yang terpaksa tutup akibat penyebaran virus corona. (Foto: Istockphoto/ismagilov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Italia diserang virus corona. Serangan yang telah menginfeksi 230 orang dengan tujuh orang meninggal dunia itu membuat bioskop, tempat konser, museum, dan sekolah ditutup sementara.

Pemerintah setempat bergerak cepat. Lima wilayah Italia, yakni Piedmont, Lombardy, Veneto, Friuli Venezia-Giulia, dan Emilia Romagna resmi membatalkan semua acara yang akan melibatkan banyak orang dalam satu tempat.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengeluarkan peringatan tentang wabah dan memprediksi corona akan berdampak pada ekonomi negara, termasuk industri hiburan. Terlebih, kini bioskop pun ditutup.


Secara geografis, penjualan box office tertinggi selama ini terfokus ke daerah Lazio. Namun penjualan akhir pekan lalu sudah turun sebanyak 44 persen dibandingkan pekan sebelumnya, dan turun 30 persen daripada akhir pekan yang sama pada tahun lalu.

The Hollywood Reporter melaporkan pada Selasa (25/2), asosiasi film ANEC memperkirakan 850 bioskop atau 1.830 layar telah ditutup akibat dampak penyebaran virus corona.

Beberapa jadwal perilisan film pun dipastikan ditunda, termasuk Hidden Away, You Only Live Once, After the Wedding, Lupin III yang diangkat dari komik Jepang, serta film komedi I Change Everything.

Bos asosiasi seni Italia yang meliputi sinema, audiovisual, dan multimedia ANICA, Francesco Rutelli menyerukan agar negara yang memiliki ibu kota Roma itu terus waspada dan menganjurkan mengambil langkah pencegahan.

"Industri film agar bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengendalikan dan mencegah virus corona. Ada wilayah-wilayah di mana tindakan pembatasan telah diberlakukan, seperti di bioskop dan tempat pameran, mereka diharapkan dapat menyesuaikan," katanya.

Rutelli menambahkan, "Di bagian lain negara ini, bisnis akan berjalan seperti biasa. Tentu saja, langkah ini akan memiliki konsekuensi ekonomi yang signifikan, tetapi semua orang harus menerapkannya agar lekas keluar dari situasi kritis ini."
Keputusan pemerintah di atas juga menghantam berbagai sisi produksi. Film Mission: Impossible 7 yang dijadwalkan syuting di Venesia selama tiga minggu tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Padahal pemerintah setempat berharap Karnaval Venesia yang legendaris dapat menjadi latar di salah satu adegan penembakan.

Mission: Impossible 7 sedianya melakukan pengambilan gambar mulai 20 Februari lalu. Namun situasi yang memburuk memaksa Paramount membatalkan rencana itu. Saat ini, Tom Cruise diduga tengah bersembunyi di Gritti Palace yang mewah sembari menunggu kepulangan, meski The Hollywood Reporter mengatakan sang bintang utama tak serta ke Italia.

"Karena kewaspadaan besar akan keselamatan dan kesejahteraan para pemeran dan kru kami, serta upaya pemerintah Venesia untuk menghentikan pertemuan publik [melibatkan banyak orang] sebagai tanggapan atas ancaman virus corona, kami mengubah rencana produksi selama tiga minggu di Venesia untuk film Misson: Impossible 7," demikian pernyataan Paramount Pictures, seraya menambahkan semua kru akan pulang ke rumah masing-masing sembari menunggu jadwal terbaru.

[Gambas:Video CNN] (rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK